Sabtu, 16 Agustus 2014

Manajement Keuangan Sebelum Pernikahan

Pentingnya Membicarakan Uang Sebelum Menikah


Uang bisa menjadi masalah serius jika tidak dibicarakan sebelum pernikahan. Masalah keuangan merupakan pembicaraan yang sensitif sekalipun dengan pasangan. Pasalnya membicarakan uang bisa menimbulkan masalah atau pertengkaran. Oleh karena itu, membicarakan uang sebelum menikah sangatlah penting. Berikut beberapa hal yang perlu Anda bicarakan mengenai keuangan sebelum menjalani pernikahan.

Pertama, jujur mengenai kondisi keuangan masing-masing. Sebagai sepasang yang akan menjalani hidup bersama, perlu adanya kejujuran mengenai masalah keuangan. Hal ini meliputi pendapatan, hutang, dan tanggungan biaya hidup anggota keluarga. Ini berguna agar ke depannya, Anda dan pasangan sama-sama saling memahami dan dapat menyesuaikan antara jumlah pendapatan dan pengeluaran dalam rumah tangga.


Kedua, bicarakan masalah tabungan. Setelah membicarakan penghasilan, saatnya untuk membicarakan tabungan. Ada baiknya Anda memisahkan tabungan pribadi dengan keperluan bersama. Anda bisa membuka rekening baru untuk tabungan rumah tangga. Ke depannya tabungan ini berguna untuk keperluan pendidikan anak dan masa depan. Sedangkan tabungan pribadi bisa Anda gunakan untuk kebutuhan pribadi, seperti pemenuhan hobi Anda masing-masing. Buatlah catatan mengenai berapa besar uang yang Anda berdua sisihkan untuk tabungan keluarga. Ini berguna untuk menjaga keseimbangan jumlah pemasukan dan pengeluaran.

Ketiga, investasi. Sebelum menikah, pasangan lebih baik merencanakan masa depan bersama. Untuk memupuk masa depan yang lebih baik, biasanya banyak pasangan yang mulai berinvestasi di awal pernikahan. Sebelum memulainya, sebaiknya bicarakan investasi jenis apa yang akan Anda pilih sebagai investasi jangka panjang bersama.

Keempat, bicarakan mengenai prioritas. Sebelum menikah, pasangan dan Anda perlu membahas akan dipakai untuk apa saja penghasilan Anda. Jangan sampai, ada kesalahpahaman mengenai pengeluaran rumah tangga sehingga Anda bisa memilah mana kebutuhan yang lebih penting.

Kelima, adanya asuransi. Pilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Umumnya, setiap keluarga membutuhkan beberapa asuransi, seperti asuransi kesehatan, pendidikan, dan asuransi jiwa.
sumber:futuready.com


READ MORE ARTICLE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar