Kamis, 24 Juli 2014

Tips Mengelola Uang di Bulan Ramadhan

Tips Cerdas Mengelola Uang di Bulan Ramadhan




Bulan puasa membuat kita seharusnya bisa menghemat pengeluaran. Namun yang biasanya terjadi, pengeluaran justru membengkak. Bagaimana menyiasatinya?

Bulan yang sangat ditunggu-tunggu seluruh umat Islam di seluruh dunia telah tiba. Alih-alih ingin berhemat, pengeluaran Anda di bulan Ramadhan justru lebih besar dibanding bulan lain.

Godaan tidak hanya menguji keimanan Anda tapi juga dompet Anda. Hal ini bukan tanpa alasan, selain harga kebutuhan umumnya mengalami kenaikan dan keinginan memanjakan lidah setelah berpuasa pun sulit dibendung.

Sebetulnya jika mau mengendalikan keinginan berlebih, keluhan finansial pun tidak akan terulang setiap tahunnya. Berikut cara cerdas mengelola keuangan di bulan Ramadhan yang kini dapat Anda praktekkan:
1. Belanja kebutuhan sebelum Ramadhan
Biasanya, saat memasuki bulan puasa harga-harga di pasaran kian melambung tinggi. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya belilah berbagai kebutuhan pokok sebelum memasuki bulan Ramadhan karena harganya cenderung masih stabil.

2. Batasi buka puasa bersama
Buka puasa bersama (bukber) saat Ramadhan dapat lebih mengakrabkan diri dengan teman ataupun saudara. Akan tetapi jika Anda terus-menerus bukber di luar, uang pun akan terkuras habis. Ada baiknya, Anda membatasi kegiatan buka bersama atau menggantinya dengan kegiatan lain, seperti mengaji atau tarawih bersama.

3. Buat anggaran
Saat Ramadhan biasanya Anda akan cenderung “lapar mata” untuk membeli banyak jajanan/hidangan berbuka. Rancanglah anggaran untuk kebutuhan Anda di bulan Ramadhan dan patuhi anggaran yang telah Anda buat. Jangan sampai penghasilan serta uang Tunjangan Hari Raya habis begitu saja untuk membeli barang yang tak begitu dibutuhkan.

4. Cari tempat belanja murah
Jika Anda belum sempat membeli kebutuhan Anda sebelum harga-harga di pasaran naik, ada baiknya mencari tempat belanja murah. Sebelum lebaran banyak tempat yang menawarkan harga-harga spesial untuk kebutuhan Anda.

Menahan diri agar tidak belanja berlebihan serta hidup boros menjadi salah satu cara bijak untuk dilakukan selama bulan Ramadhan. Uang yang Anda hemat pun bisa disisihkan untuk keperluan Idul Fitri nanti. Selamat berpuasa!
sumber: futuready.com



Read More Article 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar