Senin, 14 Juli 2014

Kerja Kelompok Kunci Keberhasilan Bisnis Anda

Strategi Bisnis Menggunakan Kerja Kelompok


Anda, sahabat superteam Nomor1 yang luar biasa!
mungkin Anda sudah mengetahui bahwa Jerman menjadi Juara Dunia setelah mengalahkan Argentina dengan tipis 1-0 dalam perpanjangan waktu.
Secara rata-rata, kedua tim tampil sama kuat dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
Tetapi dari kedua tim tentu terlihat cukup jelas perbedaannya, yaitu:

1. Tim Jerman benar-benar mengutamakan kerja kelompok, tidak ada satu orang pun yang nyata melebihi timnya. Semua orang praktis memikul beban sama besar, dan dengan kemampuan (skill) yang menyebar rata. Setiap orang dari 11 orang yang turun di lapangan sudah pasti memiliki kemampuan di atas rata-rata (cukup jauh di atas rata-rata malah) dibandingkan pemain sepakbola tim lain. Semua orang sama, bahkan pemain pengganti pun memiliki kemampuan jauh di atas rata-rata dan semua tunduk pada taktik/strategi yang diputuskan tim dan pelatih.

2. Tim Argentina sebenarnya hampir sama dengan tim Jerman, dengan setiap orang memiliki disiplin tinggi menjalankan strategi tim bersama. Tetapi cukup terlihat bahwa di tim Argentina, penyebaran kemampuan (skill) tidak sepenuhnya merata. Ada yang sangat jago (dan sangat diharapkan), dan ada beberapa yang hanya rata-rata. Dengan adanya "pemain bintang" di tim Argentina, sangat membantu dalam menghadapi lawan yang juga sekelas atau di bawahnya. Tetapi dalam menghadapi tim Jerman yang memiliki penyebaran kemampuan sangat merata dan semuanya jauh di atas rata-rata, mau tidak mau dalam 120 menit, terlihat ada perbedaan tipis di kelas kedua tim.

Dalam berbisnis, mungkin adalah sebuah keunggulan bila kita memiliki "pemain bintang" atau "produk bintang", semua yang dianggap unggul segalanya dari lawan lainnya.
Tetapi satu hal yang perlu diingat...
Semua yang bernama "keunggulan" tidak pernah bersahabat dengan "selalu". Selalu ada yang "unggul" lainnya yang akan menggantikan yang "unggul" saat ini.

Jadi penekanan bisnis bukanlah semata "pemain/produk" yang unggul. Karena yang sekarang unggul bisa dengan cepat menjadi tidak unggul lagi.
Setelah yang sekarang tidak unggul, harus ada sistem yang baik yang bisa dengan cepat mengkompensasi, mencari alternatif agar selalu ada yang unggul dalam bisnis Anda.

Apapun bisnis Anda, apapun impian Anda, lengkapilah dengan sebuah sistem yang mampu membantu memastikan Anda selalu berada di depan.

Salah satu contoh sederhana:
Bila Anda adalah pelaku bisnis jaringan (baik itu MLM, asuransi, properti, direct selling, dan sebagainya), PASTIKAN NAME LIST jaringan menjadi milik Anda sendiri, bukan dimiliki perusahaan MLM/asuransi/properti.
Semua perusahaan baik itu MLM, asuransi, properti maupun lainnya, semua dapat mengaku paling baik, dan yang akan bertahan paling lama. Tetapi tidak ada yang bisa memastikan (bahkan bila Anda menjadi pemilik perusahaan itu sendiri) masa depan sebuah bisnis. Seringkali Anda harus berganti perusahaan MLM, asuransi atau properti, dengan berbagai alasan, misalnya produk sudah tidak menarik untuk ditawarkan, sistem bonus berubah menjadi tidak menarik lagi, atau alasan-alasan pribadi lainnya.
Yang menjadi pertanyaan, bila Anda berganti perusahaan, APAKAH HARUS DIMULAI DARI TITIK NOL kembali?

Bila Anda tidak memiliki data lengkap jaringan Anda, maka tentu saja semua harus dimulai dari (hampir) nol lagi. Yang bisa Anda ajak di perusahaan baru mungkin hanyalah beberapa orang yang sudah dikenal baik di jaringan Anda. Bagaimana bila jaringan itu ada ribuan atau puluhan ribu orang, mungkinkah Anda bisa mengajak semuanya? Bagaimana bila ada "leader" di bawah Anda yang tidak mau diajak ke perusahaan baru? Perusahaan lama tidak mungkin akan memberikan detail info jaringan Anda hingga keseluruhannya.

Semua itu akan banyak terbantu bila semua data jaringan menjadi milik Anda sendiri. Dari awal harus ada sebuah sistem yang membantu Anda membangun daftar nama dan jaringan. Kita bisa menyebutnya sebuah data MASTER dari jaringan Anda. Nanti akan dibawa ke mana jaringan ribuan bahkan puluhan/ratusan ribu orang ini, terserah Anda.
Bahkan Anda bisa menjalankan BEBERAPA BISNIS JARINGAN SEKALIGUS dengan sebuah database MASTER ini. Karena tidak semua orang mau/cocok dengan sebuah bisnis tertentu. Jadi bila ada calon prospek yang tidak mau bisnis MLM, tapi mau bisnis asuransi misalnya, mengapa tidak bisa tetap dalam jaringan Master Anda. Tidak perlu memaksa teman Anda untuk ikut hanya satu bisnis yang Anda lakukan. Pilihan orang boleh berbeda-beda kan. Yang dulunya tidak bisa, sekarang menjadi bisa.

Yang jelas, konglomerat saja bisnisnya banyak, berbeda-beda, bervariasi.
JADI MENGAPA bila Anda melakukan bisnis MLM, asuransi atau properti, hanya boleh satu saja?
Alasannya fokus?
Apakah fokus menjamin kesuksesan?
Atau malah fokus di tempat yang salah akan menjadi bencana terbesar kehidupan Anda?
Mengapa Anda tidak mencoba beberapa bisnis sekaligus seperti cara pikir para konglomerat?


YANG DULU TIDAK MUNGKIN, SEKARANG MENJADI MUNGKIN.
Read More Article 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar