Kamis, 10 Juli 2014

Cara Membangun Networking

Cara  Membangun Networking

Bermodal networking yang kuat Anda bisa sukses dalam berbisnis atau mencari klien baru. Bagaimana cara membangun sebuah networking?

Keberhasilan seseorang tidak hanya diukur dari kemampuan dirinya, tapi juga dari dukungan orang lain. Oleh karena itu, kemampuan seseorang membangun dan menjalin networking atau jaringan kerja dengan orang lain sangat penting.

Meski terdengar sederhana, tapi membangun networking mampu menyokong Anda untuk mengembangkan karier dan membuka peluang bisnis. Untuk itu tidak cukup hanya bekerja keras, keterampilan bersosialiasi, atau berkomunikasi yang baik juga sangat diperlukan.

Bagi sebagian orang, bersosialisasi merupakan hal yang mudah, tapi tidak bagi yang lain. Ada baiknya Anda mulai belajar menjalin networking luas dengan cara sederhana seperti berikut ini:

Belajar Cari Duit Online• Membawa kartu nama: Biasakan membawa kartu nama ke mana pun Anda pergi. Kartu nama merupakan kartu identitas Anda dalam lingkungan pekerjaan atau bisnis. Selain itu, kartu nama menjadi langkah awal perkenalan dengan pihak lain. Biasanya, ketika Anda memberikan kartu nama, maka orang lain secara otomatis akan memberikan kartu miliknya. Dari sinilah Anda bisa menindaklanjuti komunikasi bisnis.

• Lakukan pertemuan: Setelah pertemuan awal dan bertukar kartu nama, Anda boleh mulai menindaklanjuti dengan menelpon atau mengajak bertemu. Anda bisa memanfaatkan pertemuan tersebut untuk kepentingan bisnis Anda dan kawan Anda sebagai klien.

• Say Hello: Agar tidak terkesan kaku ketika bertemu klien, biasakan menyapa dengan ramah. Anda bisa mengucapkan sapaan, seperti selamat pagi, ucapan semoga lekas sembuh, atau ucapan selamat ulang tahun agar suasana pertemanan lebih akrab. Hal ini bisa membuat Anda lebih dekat dan klien pun lebih nyaman.

• Good action: Aksi atau gestur tubuh dan etika, menjadi hal yang sangat penting ketika Anda membangun atau memperluas networking. Salah satu contohnya, menyanggupi jadwal ketemuan, datang tepat waktu ketika janji bertemu, mampu menindaklanjuti perjanjian kerja, dan tata cara bicara yang sopan dan profesional.

• Be a different: Jadikan diri Anda berbeda dari yang lain karena ingat bukan hanya Anda yang mencari networking. Bila orang lain memberi suatu penawaran bagi klien, usahakan Anda memiliki penawaran yang berbeda. Lebih unik, menarik bagi klien, dan menguntungkan. 

Read More Article 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar