Sabtu, 02 Agustus 2014

Perlunya Berpikir Kreatif Dan Inovatif Dalam Bisnis

Berpikir Kreatif Dan Inovatif Dalam Bisnis



Bagai roda kehidupan, kondisi pasar terus berjalan bersama waktu.Berinovasilah agar roda bisnis Anda terus berputar!

Roda bisnis Anda masih berputar? Mungkin saat ini penjualan produk Anda berada di peringkat atas, tetapi tahun depan belum tentu. Persaingan dunia bisnis sangatlah ketat. Pesaing-pesaing terus bermunculan dengan inovasi baru mereka. Jika Anda tidak berinovasi, bisa jadi Anda digerus pesaing-pesaing baru.

Inovasi muncul dari gagasan kreatif yang mulanya dianggap mustahil. Namun, gagasan-gagasan mustahil itu yang kemudian mengubah dunia bisnis. Siapa sangka menjual air putih kemasan laku keras di pasaran? Padahal sudah jelas akan lebih hemat jika membawanya dari rumah. Tapi mengapa bisa? Karena praktis.

Berkembangnya zaman, masyarakat menuntut segala sesuatu yang serba instan. Maka, Anda bisa mulai berinovasi terhadap bisnis Anda dengan menciptakan produk yang praktis.


Bentuk inovasi dalam dunia bisnis bisa beragam. Tergantung bidang bisnis yang Anda tekuni. Namun, pengembangan itu bisa diwujudkan dalam sektor-sektor, seperti teknologi, sistem keuangan, sumber daya manusia, pelayanan, dan produk.

Kemampuan pebisnis menambahkan nilai guna atau nilai manfaat produknya, juga bentuk inovasi. Karena dengan meningkatkan nilai guna dan menjaga mutu produk, Anda dapat meningkatkan daya jual dan nilai ekonomis bagi konsumen.

Inovasi penting, agar bisnis Anda selalu relevan bagi konsumen. Alasannya tentu saja agar bisnis Anda bisa tetap dilirik konsumen. Untuk itu, Anda perlu melihat kemauan pasar (market oriented). Jika ini dilakukan, bisnis Anda akan tetap dilirik, karena dianggap sesuai dengan kemauan konsumen.

Lebarkan sayap bisnis Anda ke bidang-bidang lain jika perlu. Ini pun bentuk inovasi, dalam upaya mengeruk untung lebih besar. Lihat kerajaan korporasi dunia, seperti Unilever. Perusahaan ini meluncurkan beragam produk, seperti makanan dan minuman. Pun Apple yang semula hanya meluncurkan komputer. Kini, ia berinovasi dengan smartphone dan mini tablet yang peluncuran tipe barunya senantiasa ditunggu konsumennya.

Nyatanya, yang ditunggu konsumen adalah inovasi terbaru yang diluncurkan Apple. Konsumen rela membayar mahal demi inovasi sehingga produsen mendapatkan profit margin yang besar. Jadi jika ingin bisnis Anda terus mengalami perkembangan serta peningkatan profit, segeralah berinovasi.
sumber: futuready




Read More Article

Tidak ada komentar:

Posting Komentar