Sabtu, 09 Agustus 2014

Memilih Produk Jual Untuk Bisnis Online

Memilih Produk untuk Bisnis Online



Salah satu faktor sukses bisnis online ditentukan oleh produk yang Anda pilih. Bagaimana cara memilih produk online yang tepat?

Di era globalisasi, bisnis online semakin banyak diincar para pelaku usaha. Selain praktis, Anda tidak perlu membayar mahal untuk sewa tempat. Cukup melakukannya di rumah melalui perangkat komputer, laptop, dan telepon pintar yang tersambung jaringan internet. Anda pun bisa menawarkan produk Anda baik kepada konsumen lokal maupun internasional.

Dengan semakin banyaknya para pelaku usaha yang beralih ke jalur online, Anda harus mempunyai strategi untuk memasarkan bisnis Anda. Oleh karena itu, pemilihan strategi pemasaran yang beda dengan pesaing juga penting. Salah satunya strategi promosi dengan menampilkan foto-foto produk yang menarik minat konsumen. Riset produk pun penting karena tidak semua produk bisa dijual dengan mudah melalui internet.

Meski terlihat mudah, menjual melalui internet perlu trik khusus. Anda tidak boleh sembarangan memilih produk yang akan Anda jual. Perhitungkan segala aspek sebelum memutuskan memilih produk yang akan ditawarkan dalam bisnis online Anda.

Apa saja yang harus diperhatikan? Simak beberapa tipsnya berikut ini:

1. Pilih produk yang unik
Produk unik yang masih jarang ditemui di pasar konvensional (offline) bisa menjadi daya tarik bagi usaha Anda. Selain menarik minat konsumen, jumlah kompetitornya pun masih sedikit.

Salah satu contohnya saat ini banyak sekali para pelaku usaha yang memilih hijab atau kerudung untuk dijual melalui online. Anda pun bisa memodifikasi produk hijab tersebut sebelum dijual sehingga produk Anda memiliki nilai tambah jika dibandingkan dengan produk lainnya.

2. Lakukan riset produk
Riset produk penting sebelum Anda berjualan online. Cari tahu apakah produk yang Anda jual memang memiliki permintaan (demand) yang tinggi karena dibutuhkan oleh konsumen atau sekadar diminati karena sedang tren saja. Jika sebuah produk diminati berdasarkan tren, maka penjualannya tidak akan lama. Dengan demikian Anda harus terus berganti produk sesuai dengan tren pasar, seperti aksesoris ponsel. Berbeda jika produknya diminati karena dibutuhkan oleh konsumen.

3. Jangan memilih produk yang membutuhkan waktu produksi lama
Dunia online adalah dunia yang serba cepat. Pesanan pun diharapkan datang dengan waktu yang cepat. Jika konsumen harus menunggu lama untuk mendapatkan produk dari Anda biasanya mereka akan beralih ke toko online lain yang menjual produk serupa dengan pengiriman yang cepat.

4. Pilih produk sesuai minat
Menjual produk yang sesuai minat atau hobi Anda akan membantu Anda mengembangkan bisnis dengan lebih baik. Jika Anda hobi membaca, Anda bisa mencoba menjual buku secara online untuk memperoleh keuntungan sekaligus menyalurkan hobi Anda.

5. Ukuran dan berat produk
Saat menjual secara online, hal yang Anda harus perhatikan adalah barang yang Anda jual akan dikirimkan kepada konsumen melalui jasa pengiriman. Oleh karena itu, pilihlah barang-barang yang baik ukuran maupun beratnya wajar. Semakin berat maka ongkos kirimnya akan semakin mahal. Tentunya konsumen akan berpikir dua kali jika harus menanggung ongkos kirim yang mahal.

6. Produk sesuai modal usaha
Sesuaikan produk dengan modal yang Anda miliki, jangan sampai produk yang Anda jual terlalu mahal, sehingga hanya dapat menyediakan sedikit stok dan jenis produk yang terbatas. Selain itu siapkan pula dana cadangan untuk kejadian tak terduga, misalnya bertambahnya permintaan dari konsumen.

Agar perencanaan Anda untuk terjun ke bisnis online kian matang, beberapa tips di atas mungkin bisa menjadi pertimbangan. Ok, semoga berhasil!
Sumber: futuready.com

Read More Article

Tidak ada komentar:

Posting Komentar