Rabu, 28 Mei 2014

Menghadapi Masa Pensiun

Menghadapi Masa Pensiun dengan Usaha Baru

Join joban's empire
Memasuki masa pensiun bukan alasan berhenti menghasilkan uang. Berikut beberapa tips usaha bagi Anda yang memasuki masa pensiun.

Masa pensiun penuh dengan keterbatasan. Siapa bilang? Seperti kata pepatah, banyak jalan menuju Roma, artinya banyak pula jalan untuk menghadapi masa purnabakti.

Saat memasuki usia pensiun, biasanya terjadi penurunan dalam berbagai hal, termasuk produktivitas. Tak hanya itu, penurunan pemasukan juga menjadi salah salah satu faktor yang menakutkan bagi para pekerja yang akan memasuki masa pensiun.

Ada beberapa cara untuk menyiasati masa pensiun. Anda dapat mencari tambahan pemasukan dan juga melakukan kegiatan usaha kecil-kecilan. Yang perlu diperhatikan adalah niat serta mengetahui apa dan bagaimana melakukannya.

Berikut beberapa tips menjalankan usaha saat memasuki masa pensiun:
1. Persiapkan modal usaha
Untuk menjalankan sebuah usaha baru, siapkan modal yang Anda miliki. Anda harus memastikan bahwa uang yang Anda miliki cukup untuk membuka sebuah usaha. Sebaiknya mulailah menyisihkan gaji Anda saat masih bekerja untuk pos usaha setelah pensiun.

Jika tidak memiliki banyak modal, cobalah usaha yang tidak membutuhkan banyak uang, misalnya seperti berkebun menanam buah-buahan di kebun belakang atau memanfaatkan aset yang ada, seperti menyewakan rumah kedua, membuka kos-kosan di rumah, menawarkan jasa antar jemput anak sekolah dengan kendaraan yang ada di rumah.

2. Pilih jenis usaha yang sesuai dengan keahlian
Kenali keahlian atau hobi yang bisa Anda kembangkan menjadi usaha Anda. Berbekal keahlian, Anda akan mampu mengantisipasi kegagalan dan persoalan yang muncul. Misalkan Anda hobi koleksi buku, mungkin Anda bisa membuka jasa penyewaan buku.

3. Manfaatkan koneksi yang Anda miliki
Selama Anda bekerja sebagai karyawan, tentu Anda bertemu dan membangun jaringan bisnis dengan mereka. Bahkan mungkin sebagian dari mereka menjadi teman baik. Mengapa tidak memanfaatkan jaringan yang sudah Anda bangun tersebut untuk mendapatkan peluang bisnis?

4. Bersikap realistis
Hal terpenting dari memulai usaha adalah sikap realistis. Baik terhadap diri sendiri ataupun terhadap usaha yang sedang dirintis. Anda mungkin mempunyai keinginan agar usaha Anda berkembang pesat. Tetapi semua itu harus diiringi dengan kemampuan dari segala hal. Ketika disikapi dan dikelola dengan baik, sebuah usaha setelah pensiun bisa menjadi sebuah aktivitas yang menyenangkan dan menghasilkan.




sumber: futureready.com



1 komentar:

  1. If you are looking for the best bitcoin exchange company, then you should know YoBit.

    BalasHapus