Kamis, 15 Mei 2014

Dibalik Kegagalan Sebuah Bisnis

Gagal Dalam Bisnis Itu Biasa


Segala sesuatu tak selalu berjalan mulus, termasuk dalam berbisnis. Jadi sebelum mulai usaha ada hal-hal yang harus Anda tanamkan.

Setiap pebisnis pasti pernah mengalami pasang surut dalam membangun usaha. Tapi, bagaimana jika Anda baru pertama kali menjalani bisnis dan mengalami kegagalan alias bangkrut?

Pastinya rasa kecewa, kapok, dan tidak percaya diri untuk menjalankan bisnis selanjutnya kerap menghinggapi. Kegagalan memang menyakitkan, tapi tidak berarti Anda menjadi terpuruk.

Inilah beberapa hal yang Anda harus tanamkan, agar ketika mengalami kegagalan dalam bisnis Anda bisa bangkit dan memulai lagi dari nol:

1. Ubah mental
Tahukah Anda, kebanyakan orang berjalan dengan model mental, “sukses-saya-kegagalan”. Skema ini menunjukkan seseorang melihat diri mereka di tengah, dengan sukses di ujung dan kegagalan disisi ujung lainnya. Artinya, melakukan segala sesuatu untuk sukses dan jauh dari kegagalan.

Tapi bagaimana dengan model mental “saya-kegagalan-sukses”? Di sini, kegagalan dianggap sebagai sebuah batu loncatan, dengan menuju jalan keberhasilan. Dengan kata lain, sukses adalah bagaimana Anda mengatasi kegagalan.

Jadi, usahakan diri Anda menjadi sosok yang berani menerima kegagalan demi sebuah kesuksesan.

2. Antisipasi
Setiap pebisnis sebaiknya mengantisipasi kegagalan sejak awal. Oleh karena itu, menyisihkan dana darurat dari pendapatan bisnis secara rutin sangat diperlukan. Setidaknya jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan, Anda masih memiliki cadangan dana untuk mengantisipasinya. Selain itu, dana darurat bisa digunakan untuk bangkit dan membangun bisnis baru.

3. Evaluasi Diri
Saat mengalami kegagalan, banyak orang tidak mau menerima kenyataan. Pastinya Anda tahu dan sadar betul apa yang menyebabkan bisnis Anda terhenti. Cobalah tulis faktor-faktor yang membuat usaha Anda gagal dan hal-hal yang membuat bisnis Anda sebelumnya berkembang.

Jadikan catatan tersebut sebagai bahan intropeksi dan setelah itu pastikan Anda tidak mengulang kesalahan yang sama.

4. Peka dengan peluang bisnis
Banyak faktor yang menyebabkan bisnis Anda gagal. Maka untuk mulai kembali bisnis baru, cobalah lebih cermat melihat peluang di lingkungan sekitar Anda. Jika perlu buatlah riset atau mencari ide dan peluang usaha di internet yang sedang tren dan menghasilkan.

5. Cari Formula Baru
Setiap bisnis yang ada di muka bumi ini masing-masing memiliki kesamaan, yaitu punya rahasia sukses sendiri. Jadi, saat Anda memilih membangun bisnis baru, pastikan Anda memiliki formula khusus agar bisnis tersebut mampu bertahan.

Henry Ford misalnya, meskipun dua pabrik mobil miliknya sebelumnya bangkrut namun ia berhasil membuktikan dengan formula bisnis baru pabrik ketiga yang dibangunnya berhasil membuatnya menjadi seorang multimilyuner.

Jadi buat Anda yang pernah gagal, jangan pernah menyerah. Kegagalan sesungguhnya guru terbaik untuk mencapai sukses dan kebebasan finansial!
sumber: futuready.com

Read more Article

Tidak ada komentar:

Posting Komentar