Rabu, 18 Maret 2015

Penipuan Kartu Kredit

Tips Menghindari Penipuan Kartu Kredit


Meski praktis, penggunaan kartu kredit tak sepenuhnya aman. Penipuan kartu kredit marak dan mengintai pengunanya. Bagaimana cara Anda menghindarinya?

Banyak kemudahan yang ditawarkan melalui kartu ajaib ini. Dengan kartu kredit, Anda tidak perlu risau jika ingin berbelanja tapi tidak membawa banyak uang tunai. Berbagai kemudahan pun ditawarkan pihak penerbit kartu kredit, salah satunya fasilitas CNP atau Card Not Present.

CNP adalah salah satu kemudahan yang ditawarkan pihak bank kepada nasabah yang ingin melakukan transaksi online. Dengan fasilitas tersebut, nasabah tak perlu menggunakan kartu dan tidak memerlukan tanda tangan pemilik saat bertransaksi. Namun, kemudahan inilah yang akhirnya dimanfaatkan penipu untuk melakukan kejahatan.

Para penipu cukup bermodalkan nomor kartu kredit serta pengaman berupa nomor CVC berupa 3 angka terakhir di belakang kartu kredit. Oleh karena itu, jika Anda penguna awam kartu kredit, berikut beberapa tips yang layak Anda perhatikan agar terhindar dari penipuan kartu kredit:

•    Simpan semua bon transaksi
Setelah Anda melakukan transaksi dengan kartu kredit, sebaiknya simpan semua bon-bon pembayaran. Selain itu, Anda juga harus mengecek kembali tagihan yang datang setiap bulannya. Jika terdapat transaksi yang tidak dikenali, segera melapor kepada pihak bank yang menerbitkan kartu kredit Anda.

•    Segera musnahkan lembar tagihan yang dicetak
Sebaiknya Anda segera musnahkan lembar tagihan setelah Anda melakukan pembayaran. Para penipu biasanya menggunakan nomor kartu kredit untuk mendapatkan seluruh informasi Anda saat melakukan transaksi online. Jangan lupa untuk merobek bagian informasi yang tertulis nomor kartu, nama, dan alamat lengkap Anda.

•    Perhatikan kredibilitas situs online
Jika Anda melakukan transaksi online, pastikan situs tersebut aman. Salah satu cirinya adalah adanya SSL atau Security Sockets Layer yang akan mengenkripsi dan mengacak data yang Anda kirim. Hal tersebut untuk mencegah kebocoran data Anda.

•    Jangan terburu-buru saat melakukan transaksi dengan fasilitas CNP
Setelah memastikan kredibilitas situs belanja, jangan terburu-buru saat melakukan transaksi online. Umumya toko online akan memverikasi data untuk memastikan kartu kredit tersebut benar-benar milik Anda.

•    Simpan baik-baik kartu Anda
Setelah Anda melakukan transaksi, sebaiknya simpan kartu Anda sebaik mungkin. Hal tersebut bertujuan agar tidak sembarang orang bisa mengetahui nomor CVC pada kartu tersebut.

•    Tutup kode keamanan
Sebaiknya Anda menutup tiga digit kode keamanan di bagian belakang kartu saat Anda harus memfotokopi kartu kredit Anda. Hal tersebut untuk mencegah penyalahgunaan kartu kredit Anda. Akan lebih baik jika Anda sama sekali tidak memfotokopi kartu kredit atau meminjamkan kartu kredit Anda kepada orang lain.

•    Jangan langsung percaya undian berhadiah
Banyak pemakai kartu kredit yang juga sering terjerat penipuan dengan modus undian berhadiah. Sebaiknya cek apakah Anda pernah mengikuti undian dan verifikasi kebenaran undian tersebut kepada pihak penerbit kartu kredit atau bank resmi penerbit kartu kredit, bukan nomor yang diberikan oleh orang yang menghubungi Anda.

Ok, semoga info di atas bermanfaat bagi Anda. [fituready.com; Penipuan Kartu Kredit]


Read More Article 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar