Rabu, 04 Februari 2015

Inspirasi bisnis-Peluang usaha Kepiting soka

Berjualan Kepiting soka Untungnya Melimpah

Keping merupakan salah satu olahan hasil perikanan yang menjadi primadona di masyarakat pecinta olahan seafood. Rasa keping yang lezat memang menjadi alasan mereka untuk mencintai hasil laut satu ini. Kelezatan daging keping berada di balik cangkangnya yang keras, sehingga perlu usaha lebih untuk menghancurkan cangkangnya. Namun , kini sudah banyak dikembangkan budidaya keping cangkang lunak atau biasa dikenal dengan keping soka

dengan adanya kepiting dengan cangkang lunak maka tidak perlu
repot menggunakan alat pemecah cangkang keping ataupun gigi sendiri untuk memecah cangkangnya, daging keping bisa langsung dinikmati beserta cangkang-cangkangnya sekaligus. Menarik bukan?

Nama keping soka bukanlah spesies keping tersendiri. Nama keping soka lebih kepada hasil rekaya sabudidaya keping. Umumnya jenis yang digunakan adalah jenis keping bakau yang ukurannya bisa sangat besar.Rekayasa budidaya keping ini, dengan cara memotong capit dan kaki-kaki keping kecuali kaki renangnya saat berusia 10-12 hari. Proses ini bertujuan agar keping melakukan pelepasan cangkang lamanya dan meregenerasinya sehingga cangkang baru muncul. Proses ini dikenal sebagai proses molng.


Cangkang lama yang terlepas akan dinggalkan keping tersebut, dan cangkang baru tumbuh beserta capit dan kaki-kaki yang sudah dipotong tadi. Namun cangkang baru tersebut belum sempat mengeras sempurna,sehingga hal inilah yang menyebabkan cangkang mereka menjadi lunak. Setelah dipanen, keping dibilas dengan air tawar agar cangkangnya tidak lagi mengeras. Lalu keping siap dikemas dan dipasarkan.

Harga jual keping soka berkisar antara Rp 55.000,- hingga Rp 75.000,- per kilogramnya.Harga jual yang nggi serta permintaan yang
terus meningkat, tak heran jika di Jawa Timur khususnya wilayah Sidoarjo dan Lamongan, banyak petani tambak yang membudidayakan keping soka. Permintaan banyak berasal dari restoran seafood ataupun warung-warung tenda penjual olahan seafood di kota besar seperti Surabaya. Bisnis rumahan yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan peluang ini adalah dengan menjadi disbutor kepinting soka . Selain , mengepul hasil dari petani tambak keping soka, Andapun bisa yang menjadi pemasok ke restoran-restoran seafood maupun warungwarung tenda olahan seafood. Atau Anda bisa juga mendirikan rumah makan atau warung olahan seafood sendiri. 

Harga keping soka akan melambung tinggi setelah sampai ditangan restoran seafood. Terlebih bila sudah sampai di konsumen akhir dalam bentuk olahan seafood. Hal ini menjadi alasan mengapa bisnis keping soka sangat menjanjikan keuntungan besar. Selain rasanya yang lezat, keping soka juga banyak dicari oleh konsumen karena nilai gizinya yang sangat nggi, terutama zat protein.Permintaan diperkirakan akan terus meningkat seiring kesadaran masyarakat akan gizi pun semakin baik. Terutama setelah masyarakat mengetahui pentingnya mengkonsumsi olahan hasil perikanan dan kelautan. Karena hasil perikanan dan kelautan memiliki nilai gizi yang nggi, dan salah satunya adalah keping soka.[bisnisukm.com; Inspirasi bisnis-Peluang usaha Kepiting soka]

Read More Article

1 komentar:

  1. Need To Boost Your ClickBank Traffic And Commissions?

    Bannerizer makes it easy for you to promote ClickBank products by banners, simply visit Bannerizer, and grab the banner codes for your chosen ClickBank products or use the Universal ClickBank Banner Rotator Tool to promote all of the ClickBank products.

    BalasHapus