Selasa, 10 Maret 2015

Peluang Bisnis Kos-kosan Tidak Pernah Sepi

Peluang Bisnis yang Menjanjikan Usaha Kos-kosan,

Sebelum menjalankan bisnis kos-kosan, ada baiknya mengetahui hal-hal berikut.
Bisnis kos-kosan adalah peluang bisnis yang menjanjikan. Bila Anda memiliki rumah yang tidak terpakai, Anda dapat menggunakannya sebagai investasi dengan mengubahnya menjadi kamar kos-kosan. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menjalankan bisnis kos-kosan.

Pertama, pemilihan lokasi. Kos-kosan biasanya banyak dicari untuk mereka yang bekerja atau kuliah jauh dari rumah. Oleh karena itu, cobalah pilih lokasi yang dekat dengan daerah perkuliahan atau dekat dengan gedung-gedung perkantoran.
Kedua, pilih target pasar yang tepat untuk menentukan harga sewa. Setelah memilih lokasi, tentukan target pasar Anda. Jika membangun kos-kosan dekat dengan kampus, maka target pasar Anda adalah mahasiswa. Berarti Anda juga harus menyesuaikan harga kamar dengan kantong mahasiswa. Begitu juga jika membangun kamar kos di dekat perkantoran, maka Anda harus menyesuaikan dengan gaji rata-rata karyawan di daerah tersebut. 

Ketiga, pastikan Anda menyediakan fasilitas yang memadai. Berbagai macam jenis kos-kosan yang ditawarkan di kota-kota besar harganya bervariasi tergantung dari fasilitas yang ditawarkan. Biasanya, harga sewa kos akan murah jika hanya berupa kamar kosong. Namun, harga sewa dapat Anda tawarkan lebih mahal jika kamar dilengkapi berbagai fasilitas, seperti tempat tidur, lemari, meja, apalagi ditambah dengan barang elektronik, seperti televisi dan AC.

Keempat, buat aturan yang tegas. Sebagai pemilik kos-kosan Anda harus selektif memilih calon konsumen Anda. Anda perlu memberlakukan aturan yang sesuai dengan lingkungan dan pastikan siapapun yang tinggal di kos-kosan Anda menjalankan aturan tersebut. Jangan sampai kos-kosan Anda mengganggu lingkungan sekitar dan menjadi masalah bagi daerah sekitar. Pastikan juga tempat tinggal tersebut aman dan dilengkapi fasilitas penjagaan.

Kelima, pengelolaan jangka panjang. Mendirikan kos-kosan tidak hanya sampai kos-kosan selesai dibangun dan bisa dipakai. Pikirkan pula perawatan jangka panjangnya. Anda harus perhitungkan perawatan yang disesuaikan dengan kenaikan harga properti yang biasanya naik setiap tahun. Jangan lupa untuk memasukkan keperluan ini dalam harga sewa kamar kos Anda, agar Anda bisa tetap mengelola kos-kosan Anda. Jika sudah memiliki modal dan ingin membangun kos-kosan, Anda bisa langsung mengaplikasikan tips tersebut.

Uang dari bisnis kos-kosan dapat digunakan untuk menabung keperluan dana darurat. [futuready.com;Peluang Bisnis Kos-kosan Tidak Pernah Sepi]

Read More Article 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar