Minggu, 03 Juli 2011

MEMBANGUN KARAKTER

Semua orang berfikir untuk mengubah dunia, tapi tak satu pun berpikir untuk mengubah dirinya sendiri (Leo Tolstoy)


A. karakter

Karakter adalah tata nilai yang terwujud dalam system daya dorong atau driving system yang melandasi pikiran, sikap dan prilaku. Bagaimana sebuah karakter seseorang terbentuk? Karakter terbentuk tidak dalam waktu yang sebentar, terbentuk karena sebuah proses kehidupan dengan latihan dan kedisiplinan. Melalui pemahaman akan kehidupan yang dilaluinya ataupun penelaahan kehidupaan orang lain. Sehingga penelaahan tersebut tertanam dalam hati dan pikiran kita. Samuel smiles seorang moralis dari skotlandia yang mengatakan tanamlah pemikiran, kau akan menuai tindakan, tanamlah tindakan, kau akan menuai kebiasaan, tanamlah kebiasaan, kau akan menuai watak, tanamlah watak kau akan menuai nasib (law of the harvest).

B. Membangun karakter

Pernahkan anda berfikir kenapa orang cina kebanyakan termasuk orang kaya baik leluhurnya maupun keturunannya. Mengapa hal itu bisa terjadi ini disebabkan karena mereka diajarkan atau di didik menjadi pengusaha oleh orang tuanya agar mereka menjadi orang kaya. Sehingga karakter seorang wirausahawan sudah terbentuk sejak masih kecil, maka penting sekali bagi kita untuk membangun karakter wirausahawan, karena kebanyakan dari kita dilahirkan dari keluarga pekerja maka yang diajarkan adalah bagaimana memperoleh atau mendapatkan pendidikan yang baik dengan nilai yang baik agar mendapatkan pekerjaan yang baik pula dengan gaji yang besar. Orang cina menyiapkan anaknya menjadi pengusaha (boss) dan kebanyaan dari kita menyiapkan anaknya menjadi bawahannya (pegawai), kita tidak dibiasakan untuk menjadi seorang wirausahawan atapun pengusaha.

Maka karakter apa saja yang harus anda bangun sebagai persiapan untuk menjadi seorang wirausahawan:

a. Bertanggung jawab

b. Bekerja keras dan disiplin

c. Berani mengambil keputusan

d. Berani mengambil resiko

· Bertanggung jawab

Apa yang sudah anda tanam maka harus anda rawat dan disaat waktunya anda juga harus menuai hasilnya, apa yang sudah anda usahakan maka anda jangan sampai mengabaikan apa yang telah anda buat. Menjadi seorang wirausahawan membutuhkan tanggung jawab besar sama dengan menjadi pegawai, anda mempunyai tanggung jawab terhadap pekerjaan anda dan seorang pengusaha bertanggung jawab terhadap kelangsungan perusahaannya

· Bekerja keras dan disiplin

Orang sukses adalah orang yang menggunakan 1% dalam hidupnya untuk bermimpi dan 99% hidupnya untuk bekerja keras dalam mencapai sesuatu. Kesukesan butuh kerja keras tidak ada yang mudah, Anda harus bisa merubah apa yang ada dalam diri anda dari seorang yang pemalas menjadi seorang pekerja keras, seperti air yang menetes di batu karang lama kelamaan akan berlubang. semakin besar tekad anda maka impian anda akan segera tercapai.

Kedisiplinan adalah hal yang sulit dilakukan oleh setiap orang, padahal sikap ini penting ini kaitannya tidak hanya disiplin manajemen waktu tapi juga manajemen keuangan anda jika keuangan anda tidak berimbang maka kegagalan yang akan anda dapati

· Berani mengambil keputusan

Kita selalu dihadapkan pada pilihan, apakah itu A atau B. jika anda jika anda telah mengambil keputusan maka lakukanlah dan janganlah ragu akan nasib anda nantinya.

Lawan dari keraguan adalah kepastian namun tidak ada kepastian dalam hidup ini, hanya ada keyakinan dalam diri anda, keyakinan anda akan menuntun anda pada kesuksesan.

· Berani mengambil resiko

Jika anda sudah mengambil keputusan maka anda harus berani menanggung resiko yang akan terjadi dalam resiko besar ada sebuah imbalan besar begitupun sebaliknya seperti kata bijak “kejarlah cita-citamu setiggi langit” jika ada kemauan besar pasti akan nada rintangan yang besar juga.

Diperlukan keberanian mengambil resiko untuk mengubah kondisi finansial kita. akan tetapi perlu diingat resiko yang diambil seyoganya adalah resiko yang telah diperhitungkan sematang-matangnya.

Karakter yang dijelaskan diatas Cuma dasarnya saja, sebagai persiapan untuk menjadi seorang wirausahawan dalam menggapai masa depan yang lebih baik. Dalam perjalanannya nanti anda akan menemukan karakter apa saja yang anda perlukan karena karakter dipengaruhi oleh lingkungan sekitar anda. Menjadi kaya tidaklah gratis adahalnya ada yang harus dibayar yaitu mengubah sikap dan pola hidup seperti yang diungkapkan Robert T. kirosaki rintangan yang harus anda hancurkan menuju kesuksesan yaitu sinisme, kemalasan, kebiasaan buruk kesombongan dan khususnya rasa takut. Dengan menghilangkan semua rintangan tersebut maka sebenarnya anda telah membentuk anda yang berkarakter pekerja keras, toleran, tidak besar kepala dan berani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar