Minggu, 03 Juli 2011

Mengapa harus menjadi seorang wirausahawan

Mengapa harus menjadi seorang wirausahawan

Setiap individu terlahir dengan keunikan masin-masing sebagi mahluk ciptaan tuhan, sejak lahir setiap manusia sudah dibekali dengan keunikan sebagai pribadi yaitu bahwa manusia itu sendiri dan mandiri karena masing-masing dibekali budi sendiri. sehingga tahu apa yang dilakukannya dan mengapa melakukannya. sebagai pribadi yang mandiri berarti manusia mempunyai kemerdekaan untuk menentukan dalam memutuskan apa yang akan diperbuat. Berwirausaha memberi kita sebuah kebebasan untuk melakukan apa yang kita inginkan. Hal ini menjadikan alasan mengapa orang cina lebih suka berwirausaha.

Beberapa alasan orang cina lebih memilih menjadi pengusaha:

a. menjadi pengusaha memberi kesempatan atau nilai lebih untuk jauh lebih sukses dari pada menjadi karyawan

b. berwirausaha memberi kesempatan penghasilan bulanan yang lebih besar dari pada pegawai biasa.

c. memahami bahwa bisnis bisa memberi jaminan finansial yang jauh lebih baik.

d. orang cina cenderung takut mendapatkan perlakuan diskriminatif dari atasan dan rekan kerja.

e. mereka berfikir bahwa bisnis bisa diwariskan kepada anak.

Sebuah ungkapan mengatakan "kami lebih baik gagal seribu kali dari pada bangun setiap pagi seumur hidup dan terjebak dalam persaingan ketat”. Yang namanya pegawai adalah seorang bawahan, sekalipun gajinya besar anda tetap seorang bawahan yang memiliki kasta rendah dalam sebuah organisasi sekalipun masih ada kastanya yang lebih rendah dari anda, kenapa anda masuk kasta rendah karena anda harus mau disuruh-suruh, atau diperintah-perintah atasan anda bahkan menerima caci maki dari atasan anda. Sama halnya dengan para TKI kita yang bekerja diluar negeri khususnya yang bekerja di sector non formal. mereka mendapatkan gaji yang besar namun disana mereka sebagai seorang pegawai dengan kasta yang rendah.

Adakalanya dalam bekerja kita akan mengalami kejenuhan dengan rutinitas yang dijalani jika anda bekerja sehari minimal 8 jam maka selama seminggu (6 hari) anda bekerja selama 48 jam, menatap layar monitor, atau bergelut dengan berkas-berkas, berada dalam lingkungan yang kerja dengan sikap egois antar pegawai, budaya sikap pengen cepat naik pangkat yang diterapkan perusahaan untuk meningkatkan persaingan tiap pegawai.

Apakah anda berfikir untuk melakukan itu seumur hidup anda. Sampai anda tua, tidak bisa mencari penghasilan sendiri, sesekali and berfikir untuk tidak bekerja lagi dan memiliki arus kas positif yang bisa menopang hidup anda dan pensiun disaat muda. jangan sampai ketika tua nanti anda menyusahkan atau menumpang hidup di anak anda, beruntung jika anak anda hidupnya mapan tapi bagaimana jika kehidupan anak anda kurang atau pas-pasan, jangan sampai nanti anda dianggap benalu oleh anak anda sendiri.

Usaha sampingan atau wirausahalah yang bisa menjamin kehidupan tua anda agar anda tidak menyusahkan orang lain ketika anda sudah tidak bisa mendapatkan penghasilan sendiri dari hasil bekerja pada orang lain, dengan memiliki arus kas positif dari usaha anda memungkinkan anda tidak perlu untuk bekerja sehingga kemungkinan untuk menyusahkan orang lain di hari tua anda bisa dihindarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar