Jumat, 03 Oktober 2014

Memilih Investasi Pendidikan

Pertimbangan Sebelum Melakukan Investasi Pendidikan


http://www.cannon-war.com/signup1.php?recruiter=joban

Tiap tahun, biaya pendidikan kian mahal. Namun kini ada jenis investasi yang bisa membantu Anda dalam membiayai pendidikan anak.

Biaya pendidikan anak semakin tinggi dari hari ke hari. rata-rata kenaikan biaya pendidikan di Indonesia mencapai 15% per tahun.

Kini banyak cara yang dapat dilakukan untuk membiayai sekolah anak tanpa membuat keuangan keluarga Anda kebobolan. Salah satu jenis investasi pendidikan yang dapat membantu membiayai dana pendidikan anak adalah asuransi pendidikan, tabungan pendidikan atau reksadana.



Investasi pendidikan merupakan jenis investasi jangka panjang yang mampu mendanai pendidikan anak sampai jenjang yang tinggi. Anak akan dibekali pengetahuan dan keterampilan hingga memiliki peluang besar untuk meraih kesuksesan di masa depan. Sebelum Anda melakukan investasi pendidikan berikut beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum melakukannya:

Jangka waktu
Selain memilih instrumen investasi pendidikan yang terbaik bagi Anda seperti jangka waktu menjadi faktor yang patut dipertimbangkan. Anda perlu menghitung jangka waktu investasi dengan lamanya waktu pendidikan anak sehingga nantinya cukup membiayai pendidikan anak. Untuk biaya kuliah anak selama 4 tahun misalnya, Anda harus memperhitungkan kapan sebaiknya mulai ikut asuransi pendidikan. Biaya pendidikan biasanya merupakan target jangka panjang yang membutuhkan waktu cukup lama agar tercapai, sehingga mempersiapkannya sedini mungkin sangat penting. Selain itu, selama jangka waktu tersebut Anda perlu mengantisipasi risiko dan kejadian tak terduga dengan membuat proteksi finansial, seperti dana darurat.

Persentase penghasilan yang harus disisihkan
Prita Hapsari Ghozie dalam bukunya Make it Happen! juga menyarankan orang tua untuk menganggarkan 10% dari penghasilannya untuk biaya sekolah anak. Hal ini tentu akan tergantung dari jumlah penghasilan orang tua tiap bulan dan kesanggupan untuk menyisihkan dana pendidikan anak. Dengan demikian, investasi pendidikan anak tidak memberatkan keuangan keluarga.

Memilih sekolah
Memilih sekolah adalah salah satu pertimbangan penting untuk mempersiapkan dana pendidikan. Kini banyak pilihan sekolah dengan biaya yang bervariasi pula, mulai dari lokasi hingga jenis sekolah seperti sekolah negeri, sekolah swasta, sekolah unggulan, sekolah internasional, hingga sekolah di luar negeri. Mana yang Anda dipilih?

Apapun pilihan Anda tentukan sesuai kondisi keuangan keluarga, apakah memungkinkan atau tidak. Jika tidak untuk mengatasinya investasi pendidikan dapat membantu Anda dalam mempersiapkan pendidikan buah hati sejak dini.

Tingkat keamanan
Pilihlah investasi pendidikan yang tingkat keamanannya tinggi dan minim risiko. Investasi pendidikan tidak bisa disamakan dengan investasi pada umumnya. Jika tidak aman, pendidikan anak Anda di masa depan pun bisa terancam.

Setelah melalui berbagai pertimbangan di atas, Anda pun bisa mulai memilih investasi pendidikan yang terbaik untuk Anda. Ok, selamat berinvestasi!
simber:futuready.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar