Jumat, 17 Oktober 2014

Cara Mengatur Keuangan Berdasarkan Karakter

Kenali Karakter Anda dari Cara Mengatur Keuangan



Apakah Anda tergolong orang yang hemat atau boros? Ternyata, karakter Anda dapat ditentukan dari cara Anda mengatur keuangan.

Sering kali masalah keuangan bukan terletak pada penghasilan.  kebiasaan yang salah dalam mengelola uanglah yang menjadi masalah.

Demikianlah karakter menjadi penting dalam mengatur keuangan.pasangan suami isteri bisa mengatasi masalah keuangan dengan lebih dahulu mengenali karakter masing-masing.

Mari cek karakter dalam mengelola keuangan :

1. Boros
Jika Anda melihat seseorang yang tidak mempunyai kebiasaan menabung, bisa dikatakan mereka mempunyai karakter boros. Orang yang memiliki karakter ini tidak bisa mengatur keuangan jangka panjang. Bisa jadi orang berkarakter boros berani dalam mengambil risiko dan sering meminjam uang orang lain. Agar tidak boros biasakanlah untuk membatasi pengeluaran sendiri misalnya dengan membawa uang secukupnya dan berpikirlah dua kali sebelum membeli barang apakah Anda benar-benar membutuhkannya atau hanya sekadar keinginan yang sebenarnya bisa ditunda.

2. Gaya Hidup Tinggi
Sang sosialita cenderung memiliki hidup yang mewah dan bergelimang kekayaan. Mereka terbiasa membeli barang mahal dan memakai pakaian bermerk sebagai kebanggaan tersendiri. Namun berhati-hatilah untuk mengambil risiko demi mendapatkan barang mewah. Gaya hidup yang berlebihan boleh saja asalkan diimbangi dengan pendapatan yang cukup, tapi jika untuk memenuhinya Anda harus berutang maka kebiasaan buruk tersebut suatu hari dapat membuat Anda terlilit hutang. Daripada Anda hidup bermewah-mewah akan lebih bermanfaat jika uang yang Anda miliki ditabung atau digunakan untuk berinvestasi.

3. Konsevartif
Seseorang yang mempunyai pikiran yang jauh dari kata modern bisa dikatakan sebagai sosok konservatif. Berbeda dengan karakter lainnya, si konservatif lebih menyukai menimbun barang, seperti perhiasan atau lebih suka menyimpan uang di dalam lemari. Mungkin Anda perlu menabung di bank agar uang Anda lebih aman dan tercatat.

4. Konsumtif
Sifat konsumtif melekat di hampir semua warga kota. Suka berbelanja dan menjadikannya sebagai penghilang stres, merupakan salah satu karakter konsumtif. Ya, karakter ini memang suka menabung untuk dibelanjakan barang-barang yang sudah diincar sebelumnya. Namun, mereka biasanya dapat mengatur keuangan rumah tangganya karena tidak terlalu suka mengambil risiko . Untuk menyiasati sifat konsumtif biasakanlah untuk membuat anggaran pengeluaran setiap hari. Kebiasaan tersebut dapat mencegah pengeluaran yang sebenarnya tidak diperlukan.

5. Seimbang
Karakter satu ini cukup sulit ditemukan pada kehidupan zaman sekarang. Bisa dikatakan karakter ini merupakan sosok yang ideal. Karakter ini dapat membuat perencanaan keuangan dengan baik. Sangat menghargai keuangan, selalu berfikir logis dan realistis saat akan mengeluarkan uang.

Nah, Anda dan pasangan tergolong karakter yang mana? Jika bukan si seimbang, mungkin Anda perlu mengatur keuangan dengan lebih bijak lagi. Kalau perlu, Anda dapat meminta bantuan perencana keuangan terpercaya.
sumber: futuready.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar