Minggu, 03 Juli 2011

BERIKHTIAR DAN BERDOA



banyak orang yang gagal adalah yang tidak menyadari betapa dekat mereka dengan kesuksesan saat mereka menyerah
(Thomas Edison)
keberanian adalah awal anda untuk bisa sukses dalam berwirausaha, dengan menjadi pengusaha memungkinkan anda untuk mendapatkan kebebasan financial. Membuka bisnis memang beresiko tapi tidak mempunyai bisnis lebih berisoko karena kita tidak akan pernah memiliki aset. Tidak memiliki aset berarti anda tidak memiliki penghasilan. Menjadi sukses bukanlah suatu proses yang mudah dengan waktu yang sebentar, perasaan ingin cepat kaya pasti akan timbul, anda harus bisa mengendalikannya, usaha yang cepat majunya pasti akan cepat pula turunnya, karena sukses merupakan sebuah proses jadi memerlukan waktu untuk mencapainya. Jika suses itu layaknya membalikan tangan maka akan banyak pengemis yang mendadak kaya, tidak ada yang instan dalam hidup ini semuanya memerlukan proses.
Sudah siap berbisnis berarti sudah siap gagal, anda tidak perlu berputus asa karena anda gagal atau sukses sudah tentu Tuhan yang mengatur kita manusia hanya berikhtiar (berusaha) saja. Namun dalam al quran allah berfirman :
sesungguhnya allah tidak akan merubah keadaan (nasib) suatu kaum (bangsa) sehingga mereka mengubah apa yang ada pada diri mereka. (Q.S.Al Ra’ad (13) ayat 11
Dengan kata lain kita dituntut untuk selalu berusaha agar bisa merubah keadaan yang ada dalam diri kita. sudah tentu harus dibarengi dengan doa, karena tuhanlah pemilik segalanya.
Dalam mengatasi masalah sebaiknya anda perhatikan hal berikut.
  1. Fokus Solusi Masalah
Ketik menghadapi masalah, janganlah anda larut dalam masalah tersebut, tapi arahkan pikiran anda untuk menemukan solusi masalahnya. semakin anda berusaha focus pada pemecahan masalah semakin anda cepat menemukan penyelesaiannya dan semakin cepat anda melupakan masalah anda.
  1. Berfikir Positif
Setiap masalah pasti ada penyebabnya dan setiap masalah pasti ada penyelesaiannya, anda tidak perlu menyalahkan orang lain atas masalah yang anda alami dan anda tidak perlu menyalahkan diri anda sendiri ambil saja hikmahnya dan segeralah cari penyelesaiannya. yakinlah pada kemampuan anda untuk menyelesaikan masalah tersebut.
  1. Perbanyak Pergaulan
Sebagai mahluk social kita tidak bisa hidup sendiri-sendiri, adakalanya kita perluu bantuan orang lain. Dengan luasnya pergaulan memungkinkan anda untuk meminta bantuan pada orang lain untuk menyelesaikan masalah anda. bantuan tersebut tidak harus selalu materi atau materil tapi bisa juga pemikiran.
Maka disini penting sekali anda menjaga citra dan hubungan baik dengan relasi anda Ketika anda kehilangan uang namun citra masih utuh dan terjaga niscaya kita bisa mndapatkan kembali. sebaliknya jika anda kehilangan citra meskipun uang anda banyak akan membuat anda jatuh perlahan-lahan.
  1. Bersedia Menerima Kritikan
Masalah yang anda hadapi bisa saja karena anda tidak mendengarkan nasihat orang-orang disekitar anda. bersedia menerima kritikan berarti sudah siap menerima kekurangan anda. bersedia menerima kritikan orang lain berarti anda sudah siap menapaki separu kesuksesan.
  1. Siapkan Rencana Cadangan
Lebih baik memiiki 100 usaha kecil dari pada satu usaha besar, dengan memiliki usaha banyak memungkinkan jika satu usaha bermasalah anda masih punya usaha yang lainnya. Maka persiapkanlah renacana cadangan sejak dari awal untuk menghadapi masalah yang tak terduga.
Sebuah pepatah mengatakan banyak jalan menuju roma, maka banyak jalan untuk mendapatkan uang dan kesuksesan. Jika anda sudah bekerja keras dalam suatu bidang namun gagal terus maka baiknya anda alih bidang karena sesungguhnya sejauh apapun dan sebesar apapun usaha anda ada kekuatan lain yang mengatur hidup anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar