Selasa, 30 September 2014

Tips Berhemat Buat Mahasiswa

Tips Hemat saat Kos


http://goldenchase.net/?i=293121
menambang dollar gratis

Ini dia beberapa pengeluaran anak kos yang bisa dihemat!

Ngekos kini menjadi tren di kalangan masyarakat yang bekerja. Salah satu keuntungannya adalah bisa menyewa tempat tinggal yang lebih dekat dengan lokasi kantor.

Meski begitu, menjadi anak kos dituntut untuk hidup hemat. Banyak pengeluaran yang harus dipangkas agar dana yang kita miliki cukup untuk sebulan penuh. Berikut kami hadirkan beberapa tips cara mengelola keuangan agar hemat saat kos.



Pilih tempat kos yang murah
Sebelum memutuskan untuk menyewa tempat kos, pikirkan dahulu apakah tempat tersebut sesuai dengan anggaran Anda. Tak perlu mewah, yang penting bersih, tertib, dan aman. Harga sewa per bulan yang mahal akan langsung berdampak pada program penghematan Anda.

Gunakan transportasi umum
Jika lokasi kos ke tempat kerja masih mengharuskan untuk naik kendaraan, gunakanlah angkutan umum. Bagi Anda yang merantau, pelajari terlebih dahulu rute angkot maupun bus kota agar tidak tersesat. Tidak disarankan untuk naik ojek apalagi taksi ke kantor setiap hari.

Memasak sendiri
Dibanding dengan makan di warung atau restoran, membeli bahan-bahan makanan dan memasaknya sendiri jelas lebih hemat. Sebaiknya Anda menyimpan persediaan beras, telur, serta mie instan di tempat kos. Apabila ingin makan di warung, kurangi konsumsi daging dan perbanyak sayuran.

Mencuci sendiri
Mencuci pakaian memang bukan pekerjaan mudah apalagi jika Anda tidak terbiasa. Namun bila rajin mengerjakannya sendiri, uang yang dihemat cukup banyak. Jika terpaksa menggunakan jasa binatu kumpulkan dulu pakaian Anda selama beberapa hari hingga mencapai maksimal 1 kilogram dalam sekali mencuci.

Catat pengeluaran
Ini penting! Cara mengelola keuangan lainnya dapat dilakukan dengan melakukan pencatatan, sehingga memudahkan Anda dalam memantau uang yang dikeluarkan. Dengan mencatat semua pengeluaran, Anda tidak kebingungan saat memantau pengeluaran. Selain itu, berhati-hatilah dengan pengeluaran yang mungkin tidak terlalu penting.
Selamat berhemat!
sumber: futuready.com

Berkah Herbal Banner 6
Pusat jual obat herbal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar