Kamis, 18 September 2014

Mencari Dana Untuk Modal Usaha

Sumber Dana untuk Modal Usaha


Ingin menjadi wiraswasta yang sukses? Modal adalah salah satu hal penting dalam merintis sebuah usaha. Berikut beberapa sumber dana yang dapat Anda peroleh untuk modal usaha.

Tidak sedikit karyawan yang kini beralih menjadi seorang wiraswasta dan membangun bisnisnya. Memang untuk memulai sebuah bisnis diperlukan modal yang terkadang tidak sedikit. Banyak orang yang akhirnya mengurungkan niatnya untuk membuka usaha karena bingung bagaimana mendapatkan modal. Apakah Anda salah satunya?

Jika modal yang dimiliki tidak cukup, Anda tidak perlu takut. Ada beberapa sumber dana yang dapat dimanfaatkan untuk memulai bisnis Anda. Apa saja?


Pinjaman

Pinjaman merupakan salah satu sumber dana untuk memulai bisnis Anda dalam wiraswasta. Pinjaman bisa diperoleh dari bank maupun program pembiayaan yang sering ditawarkan oleh pemerintah seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR). Perlu diingat bahwa sebelum memutuskan melakukan permohonan pinjaman, pelajari terlebih dahulu dan penuhi persyaratannya.

Pengembalian pinjaman harus berasal dari arus kas bisnis Anda bukan dari keuangan pribadi apalagi dana darurat. Selain itu, meminjam modal usaha dari keluarga dekat atau teman bisa jadi alternatif lainnya ketika melakukan bisnis wiraswasta. Jangan lupa, meskipun meminjam dari orang yang Anda kenal, buatlah perjanjian hitam di atas putih untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan bayarlah sesuai dengan perjanjian.

Tabungan

Tabungan pribadi dapat menjadi sumber dana yang paling mudah dan cepat. Tidak perlu syarat tertentu apalagi terbebani bunga. Meski begitu, perencanaan yang baik tetap dibutuhkan agar tabungan tidak ludes ketika menjalankan usaha wiraswasta Anda.

Investor

Akan lebih baik jika Anda mampu menarik minat investor untuk menanamkan investasinya dalam bisnis wiraswasta Anda. Selama perencanaan bisnis Anda menarik dan memiliki prospek besar, mencari investor bukan hal yang mustahil. Namun, hal yang harus dipikirkan dengan baik adalah menyusun kesepakatan mengenai pembagian laba dan kewajiban masing-masing pihak.

Membuka bisnis dengan teman

Ini adalah cara yang akhir-akhir ini dipilih banyak orang dalam memulai bisnisnya. Modal bisnis wiraswasta menjadi lebih ringan karena dibagi dengan teman Anda. Pastikan teman Anda memiliki minat yang sama agar mau sama-sama bekerja keras membangun bisnis.

Pegadaian

Menggadaikan barang pribadi Anda yang berharga bisa menjadi salah satu cara yang cepat untuk mendapatkan dana segar. Meskipun dengan menggunakan cara ini, besarnya modal akan tergantung dari jenis barang yang Anda gadaikan.

Perusahaan

Perusahaan pemerintah dan swasta biasanya memiliki anggaran khusus untuk memberdayakan ekonomi rakyat. Perusahaan-perusahaan besar yang ada di Indonesia bisa menjadi peluang untuk mencari modal atau sharing profit. Syarat utamanya adalah kemauan keras dan motivasi untuk dapat membangun bisnis Anda sendiri.

Jadi sudah siap menjadi wiraswasta dengan merintis usaha sendiri? Semoga berhasil!
sumber: futuready.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar