Senin, 03 Februari 2014

Pentingnya Pendidikan agama Pada Usia Dini

Kewajiban Orang Tua Mengajarkan Ilmu pada anaknya

kenapa mempelajari agama atau Quran harus ditanamkan sejak dini bukankah lebih baik mereka diajarkan mengenai bahasa asing itu akan menunjangnya ketika dewasa nanti, mungkin pernyataan itu muncul di sebagian kalangan,  pendidikan agama penting karena itu yang akan menjadi bekal mereka nanti di akhirat, agar terhindar dari siksa neraka.

Allah SWT berfirman:
hai orang-orang yang beriman peliharalah dirimu dan keluargamu dari siksa api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu (QS. At-Tahrim:6)

sebagai orang tua sudah seharusnya mengajarkan ilmu agama kepada anaknya, karena itu sudah kewajiban mereka

Ali.r.a berkata:
ajarkanlah ilmu kepada anakmu dan didiklah mereka

dan hasan berkata:
perintahkanlah anak-anakmu agar taat kepada Allah dan ajarilah mereka tentang amal kebajikan

hari ini banyak sekali anak-anak yang menyimpang baik mereka itu melakukan pergaulan bebas ataupun melakukan hal-hal yang tidak benar, bagaimanakah peran orang tua mereka ketika mereka masih kecil. apa yang mereka ajarkan, hari ini banyak anak-anak dewasa mengalami kekosongan jiwa, mengisinya dengan kehidupan dunia yang sebenarnya malah menenggelamkan mereka ke jurang kegelapan. banyak anak-anak melakukan tidak bunuh diri oleh sesuatu hal yang mungkin bukanlah akhir dari segalanya, bagaimanakah peran orang tua dalam mendidiknya ketika masih kecil, jangan hanya mengajarkan masalah dunia saja kepada anak-anak seperti harus pintar, harus kaya, harus sukses yang semuanya bersifat duniawi, islam tidak melarang hal tersebut namun harus diimbangi dengan penddidikan agama yang akan mengawal mereka di masa depannya

Rasulullah Saw Bersabda:
perintahkan anak-anakmu menjalankan ibadah shalat jika mereka berumur tujuh tahun dan jika mereka berusia sepuluh tahun, maka pukulah mereka jika tidak mau melaksanakannya dan pisahkanlah tempat tidur mereka.

dari jabir bin samurah berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda:
sesungguhnya seseorang yang mendidik anaknya itu lebih baik dari pada bersedekah satu sha setiap hari kepada fakir miskin (HR. Ahmad dan Tarmidzi)

abdullah bin umar berkata ;
didiklah anakmu sebab engkau nantinya akan diminta pertanggungjawaban tentang itu

pentingnya pendidikan anak tergantung dari seberapa jauh pendidikan orang tua tersebut, jika orang tua menguasai ilmu keduniawian maka ilmu yang diterapkanpun pada anaknya ilmu keduniawian begitupun jika orangtuanya memiliki basik agama maka anaknya pun akan menerima dasar-dasar pendidikan dari orang tuanya, makanya penting orang tua untuk mempelajari agama agar bisa mengajarkan kepada anaknya tidak hanya anak yang dituntut harus belajar agama, tapi harus disertai orang tuanya.
  
Read More Article    

1 komentar:

  1. Do you want to get 30 bitcoin downline referrals per month, totally free?

    Here's Exactly How:

    1. Claim 3,000 (3,000/10,000/50,000 levels) free satoshi per 24h from the MellowAds Faucet.

    2. Start a 24 hours network-wide campaign (spending all your claimed satoshi) promoting a bitcoin referral page.

    3. When the campaign completes, re-claim and re-start.

    BalasHapus