Jumat, 07 Februari 2014

Kedudukan Anak Perempuan

Anak Perempuan Dan Laki-Laki Sama Baiknya


Allah SWT berfirman
"kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi, Dia menciptakan  apa yang Dia hendaki, Dia memberikan anak-anak perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki dan memberikan anak-anak lelaki kepada siapa yang Dia kehendaki atau Dia menganugrahkan dua jenis laki-laki dan perempuan (kepada siapa yang dikehendaki-Nya) dan Dia menjadikan mandul siapa yang DIa kehendaki, sesungguhnya Dia Maha Mengetahui Lagi Mahakuasa (Qs. Asy-Syura:49-50)


Allah SWT memulai ayat tersebut dengan menyebut Perempuan diantara hikmahnya ada yang mengatakan merupakan bentuk perbaikan kedudukan mereka (Perempuan) karena kedua orang tuanya merasa keberatan atas keberadaan mereka (khusus di zaman jahiliyah), namun sampai hari ini itu masih berlaku terutama pada beberapa golongan atau etnis yang menganggap anak laki-laki lebih baik dari pada anak perempuan makanya mereka suka menggugurkan anak perempuan ketika masih dikandungannya.

dikatakan pula dan pendapat ini lebih baik dari yang pertama, Allah mendahulukan menyebut perempuan karena siyaqul kalam (konteks ayat0 itu menunjukan bahwa Dia melakukannya apa yang Dia kehendaki, bukan yang di kehendaki oleh kedua orang tua. lebih menginginkan anak laki-laki bahkan sampai menggugurkan pada jaman sekarang merupakan ahlak jahiliyah yang di cela Allah, seperti firman-Nya:
dan apabila seseorang dari mereka di beri kabar dengan (kelahiran) anak perempuan, hitamlah (merah padamlah) mukanya, dan dia sangat marah. Dia menyembunyikan dirinya dari orang banyak karena buruknya berita yang disampaikan kepadanya, apakah dia akan memeliharanya dengan menanggung kehinaan ataukan akan menguburkannya ke dalam tanah (hidup-hidup) ketahuilah alangkah buruknya apa yang mereka tetapkan itu (QS An Nahl: 58-59)

dan firman lainnya:
padahal apabila salah seorang diantara mereka di beri kabar gembira dengan apa yang dijadikan sebagai misal bagi Allah yang maha pemurah (kelahiran anak perempuan) jadilah mukanya hitam pekat sedang dia amat menahan sedih (QS. Az Zukhuf; 17)

dalam kitab sahih muslim riwayat dari anas bib malik Rasulullah Saw bersabda:
barang siapa menanggung beban hidup dua anak perempuan hingga akil baligh, maka di hari kiamat ia berdekatan denganku seperti "kemudian Rasulullah menghimpun dua jari tangannya "




Read More Article 

1 komentar:

  1. Do you want to get 30 bitcoin downline referrals every month, for free?

    Here's Exactly How:

    1. Claim 3,000 minimum (3,000/10,000/50,000 levels) free satoshi per 24 hours from the MellowAds Faucet.

    2. Start a 24 hours network campaign (define the budget to all of your available satoshis) promoting a bitcoin related referral page.

    3. Upon the campaign's completion, re-claim and re-start.

    BalasHapus