Jumat, 28 November 2014

Tips Memilih Rekan Bisnis

Tips Mencari Rekan Untuk Wirausaha

 
Wirausaha yang dijalankan bersama perlu rekan yang memenuhi kriteria berikut agar tidak menjadi bumerang nantinya.

Wirausaha bersama rekan ibarat dua mata pisau. Bisa jadi menguntungkan karena modal, starategi penjualan, dan permasalahan bisa ditanggung bersama, sehingga beban pun dapat terbagi. Namun, di sisi lainnya, bisa memicu konflik, bahkan mengancam keretakan hubungan Anda.

dari setiap kemitraan yang tumbuh subur, ada ribuan yang berjalan stagnan, bubar, tidak berfungsi, atau bahkan berakhir di pengadilan.

Dengan demikian, pemilihan rekan menjadi penting sebelum menjalankan usaha bersama. Berikut adalah tips mencari rekan wirausaha:


1. Memiliki Visi Yang Sama
Carilah rekan bisnis yang mempunyai passion dan visi yang sama dengan Anda,

Kesamaan passion dan visi memungkinkan Anda dan rekan wirausaha untuk berjalan bersama mencapai tujuan atau target usaha. “Mencari rekan bisnis, tidak berbeda jauh dengan mencari pasangan hidup, harus ada kecocokan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga bisa saling mengisi,” ujarnya.

2. Dapat Berkomunikasi Dengan Baik
Komunikasi adalah kunci kesuksesan kemitraan, menurut Gerber. Anda perlu mencari orang yang bisa bekerja sama, bukan diktator. Tidak ada orang yang selalu benar.

Dalam menjalankan wirausaha bersama mitra, penting untuk berdiskusi. Jangan sampai Anda ataupun mitra membuat keputusan sendiri, apalagi merendahkan orang lain yang tidak sependapat. Keputusan yang disetujui semua pihak biasanya dapat dijalankan dengan tanggung jawab dan tidak saling menyalahkan. Bila mitra Anda tidak terbuka untuk diskusi atau berkomunikasi dengan buruk, akan menyulitkan Anda dan usaha Anda.

3. Dapat Dipercaya
Kepercayaan merupakan salah satu modal dalam menjalankan wirausaha bersama rekan. Dengan demikian, pilihlah rekan yang bisa dipercaya dalam membangun hubungan kerja dengan Anda dan konsumen.

 cara membangun kepercayaan dapat dimulai dengan membangun kepercayaan dari diri sendiri terlebih dahulu (selftrust), mulailah dengan menunjukkan perilaku. Kemudian membangun kepercayaan rekan wirausaha Anda (relationship trust), kepercayaan organisasi bisnis Anda (organizational trust), sehingga akhirnya Anda dapat dipercaya oleh konsumen Anda atau pasar (market trust).

4. Berkomitmen Melakukan Pembagian Tugas Yang Jelas
Tugas sebaiknya dibagi secara jelas dan detil serta disepakati semua pihak untuk menghindari perselisihan atau saling melempar tanggung jawab di kemudian hari. Pembagian tugas yang sudah disepakati sebaiknya dijalankan dengan komitmen.

mereka yang ingin berwirausaha harus punya komitmen dan ketegaran hati yang tinggi. Tak ada usaha yang bisa sukses dengan upaya setengah-setengah.

Selamat menjalankan wirausaha, semoga sukses! Anda dapat membagikan tips lainnya di kolom bawah ini![futuready]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar