Kamis, 19 Desember 2013

Makanan Sehat Untuk Sugar Glider

Apa yang harus diberikan sebagai makanan Sugar Glider?


Sugar Glider adalah hewan yang sangat aktif dan memiliki tingkat metabolisme tinggi. Aktifitas biologisnya menuntut agar SG mengkonsumsi protein dalam jumlah tinggi untuk memenuhi kebutuhan energi mereka. Selain protein, Sugar Glider juga memerlukan asupan kalsium yang cukup, tetapi tidak berlebihan. Protein dan kalsium sangat diperlukan untuk aktifitas metabolisme seekor Sugar Glider. Kekurangan protein dapat menyebabkan pertumbuhan Sugar Glider terhambat dan terlihat kurus, sementara kekurangan kalsium dapat menyebabkan masalah yang lebih serius seperti Hind Leg Paralysis (HLP).

Sugar Glider merupakan hewan yang pemilih mengenai makanan yang dia sukai. Terkadang Sugar Glider pada satu hari akan memakan buah / makanan tertentu, dan bisa saja keesokan harinya dia tidak mau memakan buah / makanan itu lagi. Memang begitulah sifat Sugar Glider, Anda tidak perlu khawatir jika suatu saat Sugar Glider Anda tidak mau memakan makanan yang biasa Anda berikan untuknya. Cukup ganti menu makanannya, dan tawarkan makanan tersebut kembali setelah beberapa hari.

Lalu apa yang harus diberikan sebagai menu makanan untuk Sugar Glider?

Sugar Glider yang dipelihara oleh manusia (in captivity) membutuhkan buah dan sayuran segar, juga berbagai macam sumber protein seperti telur, daging dan serangga. Kebutuhan kandungan protein dalam menu harian seekor Sugar Glider berkisar andata 25 - 30 %

Buah dan sayuran segar adalah makanan wajib untuk seekor Sugar Glider. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, buah dan sayuran segar juga merupakan hiburan bagi mereka. Sugar Glider senang bermain-main dengan buah, dan tentu saja apabila sering diberi buah yang berbeda jenisnya akan membuat Sugar Glider senang. Sugar Glider, sesuai dengan namanya, lebih menyukai buah yang rasanya manis. Tiap individu dapat memiliki selera yang berbeda-beda tentang buah yang disukainya.

Picture by Bill Ebbesen, SARK AGRIBUSINESS (PVT)LTD
Picture by Bill Ebbesen, SARK AGRIBUSINESS (PVT)LTD

Dalam memilih buah dan sayur untuk diberikan kepada Sugar Glider, Anda harus memperhatikan kandungan kalsium (Ca) dan fosfor (P) dalam buah atau sayur tersebut. Fosfor merupakan unsur yang menghambat penyerapan kalsium dalam tubuh, karena itu, perbandingan kalsium : fosfor (Ca:P) utnuk Sugar Glider, minimal adalah 2:1 dimana 2 adalah kandungan kalsium dan 1 adalah kandungan fosfor. Semakin tinggi kandungan kalsium dan semakin rendah kandungan fosfor akan lebih baik. Pepaya adalah salah satu buah terbaik utnuk diberikan pada Sugar Glider setiap hari karena memiliki kandungan kalsium yang tinggi.

Dalam memberi buah untuk Sugar Glider, pastikan Anda menggunakan buah segar yang telah dicuci bersih untuk menghindari adanya sisa pestisida atau bahan kimia lainnya pada kulit buah tersebut. Jangan menggunakan buah kalengan karena memiliki resiko kandungan bahan pengawet kimia yang berbahaya untuk Sugar Glider. Setetes bahan kimia bagi Sugar Glider dapat berakibat fatal! Ingat, tubuh mereka sangat kecil, karena itu butuh sedikit saja bahan kimia untuk membuat mereka keracunan. Buang buah yang tidak dimakan setelah 8-12 jam, jangan biarkan Sugar Glider kesayangan Anda memakan buah atau makanan yang telah basi.

Beberapa Sugar Glider (terutama Sugar Glider tangkapan liar dari hutan) akan mengigit-gigit buah dan menghisap cairan buah tersebut, kemudian memuntahkan ampasnya. Hal ini terjadi karena di alam liar, Sugar Glider terbiasa memakan cairan seperti nektar bunga, getah pohon yang manis (akasia, dll) dan juga cairan tubuh serangga. Jika Anda melihat Sugar Glider kesayangan Anda melakukan hal ini, ketahuilah bahwa ini adalah hal yang wajar.

Sugar Glider sangat menyukai makanan manis, namun bukan berarti semua makanan manis baik bagi mereka. Jangan pernah memberi makan Sugar Glider kesayangan Anda gula, permen dan coklat! Gula dan permen mengandung banyak karbohidrat tetapi sangat sedikit atau bahkan tidak mengandung nutrisi lain yang diperlukan seekor Sugar Glider (seperti kalsium, vitamin, protein). Tentu akibatnya Sugar Glider jadi kekurangan nutrisi (protein, kalsium, vitamin) yang justru sangat mereka butuhkan. Coklat dan susu sapi sebaiknya tidak diberikan pada Sugar Glider. Coklat beracun bagi Sugar Glider dan dapat menyebabkan kematian, sementara susu sapi memiliki kandungan laktosa tinggi, yang dapat menganggu pencernaan Sugar Glider. Pada beberapa Sugar Glider (tidak semua) susu sapi dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare, dan dalam beberapa kasus bahkan menyebabkan tubuh Sugar Glider membengkak dan mengarah pada kematian! Makanan lain yang beracun bagi Sugar Glider adalah bawang. Hindari memberikan bawang, atau makanan lain yang mengandung unsur bawang pada Sugar Glider. Jika ingin memberi susu untuk Sugar Glider, berikanlah produk susu yang memang diproduksi khusus untuk hewan seperti Marsupial Milk Replacer atau berupa camilan seperti Milky Snack.

Lebih baik mencegah daripada mengambil resiko Sugar Glider kesayangan Anda mati bukan?

Yogurt dan keju dapat diberikan pada Sugar Glider Anda, namun sifatnya sebagai camilan. Berikanlah dalam jumlah yang dibatasi dan tidak berlebihan. Yogurt dan keju memang terbuat dari susu sapi, namun kandungan laktosa pada yogurt dan keju telah diuraikan oleh bakteri pada proses fermentasi, karena itu yogurt dan keju aman bagi Sugar Glider selama tidak diberikan secara berlebihan. Contoh yogurt sebagai camilan khusus untuk hewan adalah Yogurt Drops

Bubur bayi - banyak orang menggunakan bubur bayi sebagai makanan utama untuk Sugar Glidernya dengan pertimbangan bubur bayi mengandung nutrisi dan vitamin untuk perkembangan tubuh bayi manusia. Bubur bayi memang bisa digunakan sebagai makanan untuk Sugar Glider dalam artian memenuhi kebutuhan dasar metabolisme tubuh untuk bertahan hidup saja. Memang benar, Sugar Glider dapat bertahan hidup (survive) dengan hanya makan bubur bayi, tapi tidak seluruh kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh Sugar Glider dapat dipenuhi dari bubur bayi. Sugar Glider memerlukan asupan nutrisi yang benar dan tepat untuk tumbuh dan berkembang dengan benar (thrive).

Sugar Glider butuh lebih dari sekedar makanan untuk bertahan hidup (survive), mereka butuh makanan yang tepat untuk tumbuh dan berkembang dengan benar (thrive)

Selain buah dan sayuran segar dan bubur bayi, berikan juga suplemen makanan yang khusus diproduksi untuk Sugar Glider. Kebutuhan nutrisi tiap hewan berbeda, terutapa hewan eksotis seperti Sugar Glider. Apa perlunya memberikan suplemen bagi Sugar Glider? Sebetulnya tidak hanya Sugar Glider, manusia dan hewan lain pun memerlukan asupan nutrisi spesifik, sesuai dengan kebutuhan biologis masing-masing dan dalam jumlah tertentu. Beragam buah-buahan dan bubur bayi yang kita berikan untuk Sugar Glider tidak 100% menjamin kebutuhan nutrisinya terpenuhi, karena buah-buahan sangat banyak macamnya dan masing-masing memiliki nilai kandungan nutrisi yang berbeda. Begitu pula dengan bubur bayi, didesain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi manusia, bukan Sugar Glider, karena itu diperlukan suplemen khusus yang memang dibuat untuk Sugar Glider dan mampu memenuhi kebutuhan nutrisi spesifik untuk Sugar Glider. Suplemen membantu memastikan pertumbuhan dan perkembangan Sugar Glidermu dengan baik! Kebutuhan suplemen utama yang sangat disarankan adalah produk WHPS atau HPW,

Bagaimana memilih suplemen makanan yang TEPAT dan AMAN untuk Sugar Glider? Pilihlah produk-produk dari www.SugarGliderIndonesia.com (SGI). Sugar Glider Indonesia (SGI) menyediakan makanan-makanan yang telah teruji, terbukti dan diterima dengan baik di DUNIA INTERNASIONAL (tidak hanya di Indonesia) sebagai makanan untuk Sugar Glider. Apa pentingnya hal ini? Dengan memberikan makanan yang memang sudah terbukti manfaat dan keamanannya di luar negeri (USA, Eropa, Jepang) sebagai makanan Sugar Glider, Anda bisa dengan tenang dan yakin memberikan makanan-makanan tersebut dengan mengetahui bahwa makanan-makanan tersebut memiliki efek positif yang nyata untuk Sugar Glider. Semakin meningkatnya popularitas Sugar Glider sebagai hewan peliharaan di Indonesia, membuat banyak orang berlomba-lomba untuk menjual produk perawatan dan makanan Sugar Glider. Berhati-hatilah dalam memilih produk untuk Sugar Glider kesayanganmu. Pastikan Anda hanya memilih produk yang aman dan sudah teruji!
 sumber: klik disini
Read More Article 



1 komentar: