Rabu, 18 Desember 2013

Cara memelihara Dan Perawatan Sugar Glider

Sugar Glider Care Sheet by Sugar Glider Indonesia


Sebelum membeli:
  1. Pastikan punya waktu yang cukup untuk merawat SG
  2. Miliki kandang yang berukuran cukup besar karena SG hewan yang aktif
  3. Pelajari dulu tentang karakteristik dan pemeliharaan SG
  4. Cari info tentang penjual yang bisa dipercaya. Pilihlah penjual yang memberi support dan konsultasi baik selama setidaknya 1 bulan setelah Anda membeli SG tersebut.
  5. HATI-HATI! Banyak penipuan SG Wild Caught (WC) diklaim sebagai Captive Breed (CB). SG WC adalah SG yang ditangkap dari hutan, keadaannya liar dan beresiko tinggi membawa penyakit / cacat. Banyak kejadian SG WC mati hanya beberapa hari setelah dibeli. PILIHLAH SELALU SG CB (hasil ternakan) untuk menjamin kualitas SG yang Anda beli!
  6. JANGAN membeli SG yang terlalu muda! Usia minimal adalah 1,5 bulan OOP. 2 bulan lebih baik.
  7. Pilihlah SG yang berkualitas baik, sehat, aktif, anggota tubuh lengkap, gigi tidak dipotong dan bulu tidak rontok.
  8. Sugar Glider dapat hidup selama 10 - 14 tahun dengan perawatan (makanan, lingkungan, dll) yang benar, karena itu pastikan kamu memiliki komitmen untuk merawat hewan selama itu.

Sesudah membeli   
  1. Pastikan selalu ada air minum bersih (jangan air kran). Dot hamster lebih baik dan bersih daripada wadah terbuka. Pengenalan dot sebagai tempat minum bisa dengan memberi campuran madu ke air dalam dot, kemudian sodorkan ujung dot tersebut ke mulut SG Anda agar dia mengerti.
  2. Letakkan kandang SG di tempat yang aman, jauh dari gangguan binatang peliharaan lain (jika ada) dan jauh dari resiko suara keras yang bisa membuat SG terkejut.
  3. SG perlu waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya, penjinakan dan proses bonding terjadi dalam hitungan minggu dan bulan, bukan hitungan hari.
  4. Tanda-tanda SG sakit? Mata sayu, perilaku tidak seperti biasanya, bulu rontok.
  5. Makanan yang harus dihindari: susu, bawang-bawang an, buah yang terlalu kecut. BE SAFE! Jika tidak yakin, jangan diberikan.
  6. Potong kuku SG Anda ketika terlalu panjang dan sering tersangkut di pouch nya.
  7. Jangkrik / serangga boleh diberikan pada SG, namun waspadai potensi alfatoksin pada jangkrik.
  8. Perilaku di luar kebisaaan bisa menjadi indikasi masalah pada SG. Masalah kesehatan sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter hewan. Gejala sama tapi penyebab berbeda = penanganan yang berbeda. Misal hairloss karena overgrooming, kutu, jamur.
Housing / Kandang
Semakin besar, semakin baik. SG adalah hewan aboreal yang sangat aktif. Semakin besar kandang = semakin besar peluang SG untuk berolahraga. Letakkan kandang di tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung dan memiliki sirkulasi udara yang baik.
Isilah kandang dengan berbagai mainan dan ranting kayu. Kesehatan SG tidak hanya meliputi kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Sebagai hewan yang sangat aktif, mereka perlu stimulus untuk memenuhi kebutuhan psikologis mereka. Berikan juga tempat tidur (sleeping / cage pouch), dan pastikan untuk mencucinya secara teratur.
SG akan mengigit dan mengunyah cabang pohon atau benda-benda lain dalam kandang. Hal ini normal dan merupakan cara SG untuk bemain dan membersihkan giginya.
 
 
Makanan
SG termasuk omnivora, yang berarti mereka bisa (mau) makan hampir semua jenis makanan. Di alam liar makanan alami SG adalah getah pohon, nectar, buah-buahan, dan serangga. Tidak mungkin kita bisa menyediakan makanan persis seperti yang mereka makan di alam. Beberapa perusahaan telah menciptakan makanan khusus untuk Sugar Glider. Pastikan makanan yang Anda gunakan dibuat oleh perusahaan terpercaya dan dapat dipertanggung jawabkan.

Buah-buahan sangat bagus dan sangat disarankan untuk diberikan setiap hari selain makanan utama yang Anda berikan untuk SG Anda. Salah satu buah yang kami sarankan untuk diberikan setiap hari adalah pepaya, karena memiliki kandungan kalsium yang tinggi, membantu mencegah Hind Leg Paralysis.
 
Bonding
Salah satu keunikan SG adalah dia dapat sangat jinak dan “lengket” dengan pemiliknya. Untuk bisa seperti itu, kunci utama adalah KESABARAN.

Pada saat Anda baru membeli SG, hari-hari pertama SG tersebut bisa stress karena perubahan lingkungan. Bersabarlah dan jangan terlalu terburu-buru. Biarkan 1-2 hari di dalam kandang tanpa diganggu oleh Anda. sering-sering lah mengajak bicara SG agar dia mengenal suara Anda. Letakkan baju bekas Anda di sekitar kandang agar SG familiar dengan bau tubuh Anda.

Bonding dibangun dari kepercayaan / trust. Untuk membangun trust tersebut, Anda harus meyakinkan SG bahwa manusia bukanlah ancaman baginya. Berilah makan dengan tangan (handsfeed) setiap hari, ajak bicara, dan ajak jalan-jalan SG dengan menggunakan travel pouch.
 
Mainan
SG adalah hewan yang sangat aktif dan memiliki rasa penasaran tinggi. Mainan berguna untuk memenuhi kebutuhan psikologis mereka, tidak hanya sekedar hiasan kandang. Wheel selain berfungsi sebagai mainan, juga sarana olahraga bagi SG. Pilihlah mainan yang aman bagi SG, jangan gunakan mainan kucing karena terkadang diolesi minyak catnip yang menyenangkan bagi kucing, tapi beracun bagi SG.
Mainan dari kayu harus sering dibersihkan karena kotoran dan bakteri dapat masuk ke pori-pori kayu tersebut. Mainan dari plastik lebih higienis karena tidak memiliki pori-pori, namun juga harus dibersihkan secara rutin. Pastikan memberi rantai plastik di dalam kandang, Sugar Glider sangat senang bermain dengan rantai plastik atau tali.
 
 sumber: http://www.sugargliderindonesia.com
 


Read More Article 

1 komentar: