Minggu, 24 April 2011

THE CASHFLOW QUADRANT

A. Pilihan Masa Depan

Pernah dengar tentang The Cashflow Quadrant karya Robert T. Kiyosaki dalam buku serinya “Rich Dad’s”. dalam buku serinya tersebut khususnya yang berjudul “Rich Dad, Poor Dad” dan “ the clasflow quadrant” dijelaskan tentang pengkategorian manusia kedalam 4 posisi yaitu E (employer = karyawan), S (self-employed = pekerja mandiri), B (business owner = pengusaha atau pemilik bisnis) dan I (investor =pemilik uang /modal).

“E” mewakili kata ‘employer”, yaitu semua orang yang mendapatkan uang (gaji) dari hasil kerja di sebuah perusahaan. Dia harus bekerja dan melakukan aktifitas untuk mendapatkan uang dan jika berhenti maka uang yang diterimanyapun akan berhenti. Uang akan mengalir terus kedalam kantongnya selama dia bekerja keras dari waktu-kewaktu dan uang yang diterimanya ditentukan oleh orang lain, pimpinan atau pemilik perusahaan. “S” merupakan kepanjangan “self-employed” orang yang mendapatkan uang dari hasil kerja profesinya sendiri seperti dokter, pengacara, notaries dan konsultan. Jadi “S” harus tetap bekerja untuk menghasilkan uang dan apabila dia berhenti maka uangpun tidak akan diterima lagi.

“B” adalah “business owner” atau pemilik bisnis baik itu usaha kecil maupun perusahaan atau korposari besar. “B” tidak ikut ambil bagian dalam pekerjaan sehati-hari dan menyerahkan perusahaannya untuk dijalankan oleh “E” orang-orang yang kompeten. Sedangkan “I” adalah kepanjangan dari “investor” yaitu orang yang memiliki uang dan menanamkannya ke dalam suatu usaha/ bisnis atau instrument investasinya, serta berharap usaha tersebut berkembang dan menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi. sekarang anda bisa menentukan dimana letak anda saat ini dan menentukan pula akan meletakkan dimana posisi anda nantinya, andalah pemilik kendali atas hidup anda, maka jadilah seorang sutradara yang merancang hidup anda seperti yang anda inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar