Minggu, 30 Oktober 2011

KONSISTENSI DAN KREATIFITAS INOVATIF


KONSISTENSI DAN KREATIFITAS INOVATIF
Orang sukses adalah orang yang memanfaatkan setiap menit waktunya yang ada
A. Kosistensi
Dalam berbisnis adakalanya kita akan ada untung dan adakalanya kita akan rugi, ketika kita lagi untung kita haru memikirkan dan memperiapkan akan kejadian yang tak terduga yang bisa mengakibatkkan kerugian pada usaha kita dan ketika kita lagi rugi kita harus bangkit kembali dan memikirkan rencana yang bisa memajukan usaha kita kembali, Seperti petuah orang cina ‘ ketika anda gagal meraih cita-cita, jangan menyerah dan jangan pula menerimanya coba dengan cara lain”.
Robert T. kiyosaki menjelakan belajarlah dari kesalahan. Kita dalam usaha harus konsiten janganlah berputu asa ketika mengalami kegagalan belajarlah dari kesalahan karena setiap orang pasti akan melakukan kesalahan, dan itulah awal dari sebuah kesuksesan. saat anda mengalami kegagalan sebenarnya anda sudah membayar uang muka kesuksesaan anda asalkan anda bersedia mempelajari kondisi mengapa anda gagal dan bersedia belajar dari kegagalan tersebut. sehingga anda siap merengkuh kesuksesan sebab anda sudah berpengalaman melaui belajar dari kesalahan.
Karena belajar tidak mengenal batas akhir, maka anda nanti kan menjadi seorang yang ahli di bidangnya berdasarkan pengalaman yang telah anda lalui, sebuah pepatah mengatakan kuasailah satu saja tetapi mendalam. kuasailah satu ilmu tetapi menjadi yang paling ahli dibidangnya tersebut akan jauh lebih bermamfaat. kadang informasi paling berharga justru muncul dari orang yang paling kita remehkan.
Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda dalam menghadapi berbagai situasi ada yang terus konsiten pada tujuannya ada yang berputu asa di pertengahan jalan, maka kembangkanlah sikap mental positif dalam diri anda untuk menghadapi setiap masalah yang menimpa anda. Karena setiap masalah pasti ada jalan penyelesaiannya.
B. Kreatifitas inovatif
Kretifitas adalah karya yang merupakan hasil pemikiran dan gagasan. Inovasi menurut goman (1991) merupakan penerapan secara gagasan kreatif. Inovasi tercipta karena adanya kreatifitas yang tinggi. Kreatifitas adalah kemampuan untuk membawa seuatu yang baru dalam kehidupan. Pendapat lain menyebutkan kreatifitas adalah kemampuan untuk menciptakan suatu produk baru.
Inovasi merupakan suatu proses mengubah peluang menjadi gagasan-gagasan yang dapat dijualMacam-macam inovasi:
Penemuan
produk atau jasa yang benar-benar baru
pengembangan (ekstensi)
pemamfaatan atau penerapan lain pada produk atau jasa tau proses yang ada
Penggandaan (duplikasi)
konsep yang telah ada
Sintesis
kombinasi atas konsep dan factor-faktor yang telah ada di dalam penggunaan atau formulasi baru
Menjadi kaya berhubungan dengan menciptakan kesempatan-kesempatan bukan hanya menerima bahwa anda tinggal di satu sisi jalan atau lainnya. Ini bisa menjelakan bahwa kreatifitas bisa menciptakan kesempatan bagi kita untuk mendapatkan penghasilan
kreatifitas merupakan kemampuan untuk menghasilkan sesuatu yang baru namun janganlah kreatifitas disini anda gambarkan dengan meniru produk orang lain, boleh saja anda meniru produk yang sudah ada namun anda harus inovatif dalam arti produk tersebut menjadi sesuatu yang baru dalam prinsif cina dikenal dengan (ATM) amati tiru dan modifikasi.
Paul G stoltz menjelaskan pentingnya memiliki adversity quotient (AQ) yaitu kemampuan seseorang dalam mengubah tantangan bahkan ancaman menjadi peluang. Kreatifitas bisa timbul karena desakan atau kebutuhan, bagi sebagian orang sampah adalah sesuatu yang harus dibuang namun bagi sebagian orang lagi sampah adalah uang karena dengan sedikit kreatifitas sampah bisa diubah menjadi sesuatu yang komersil.

Rabu, 12 Oktober 2011

PENGEMBANGAN USAHA


kenali musuhmu maka seribu peperangan akan kau menangkan (Sun Tzu)


Ada dua hal dalam berbisnis yang akan terjadi yaitu usaha anda semakin besar (untung) dan usaha anda bangkrut (rugi). Salah satu hal yang memungkinkan itu bisa terjadi adalah bagaimana sitem manajemen yang anda terapkan. Bisnis ada kalanya naek turun maka sepatutnya segala sesuatu harus teratur dan terencana, semua tata cara proses harus dituangkan dalam suatu instrumen tertulis, bagaimana proses produksi harus dilakukan bagaimana mengatur cuti karyawan, bagaimana standar marketing, faktor pencegah resiko tak terduga juga dapat diperhitungkan dalam bisnis ini.

A. Menjaga kualitas


Jagalah selalu kualitas produk anda, sekalipun harga-harga merangkak naik anda jangan menggantinya dengan produk/bahan baku yang memiliki kualitas rendah karena itu bisa menurunkan kualitas produk anda sendiri, jika kualitas produk anda memuaskan menaikan harga sedikit pun tentu tidak akan masalah bagi pelanggan anda, maka anda harus membayarnya dengan meningkatkan kualitas produk atau kualitas pelayanan kepada konsumen agar mereka puas.

B. Pertahankan Pelanggan

Banyak usaha yang terus bertahan selama puluhan tahun, bukan saja karena penjualannya yang terus meningkat tapi karena adanya pelanggan yang setia menggunakan produk anda yang menjadikan usaha anda bisa bertahan. Maka penting sekali anda menjaga citra, kualitas produk dan hubungan baik anda dengan para pelanggan agar tidak pindah atau beralih menggunakan produk orang lain.

Layaknya magnet usaha anda harus bisa memberikan penawaran yang menarik agar para konsumen mau membeli atau menggunakan produk anda, penawaran yang menarik bisa meningkatkan penjualan anda maka penting sekali anda untuk menganalisa pasar untuk bisa menawarkan penawaran yang menarik, memantau tren pasar, dan perkembangan pesaing anda memungkinkan anda bisa terus selaras dengan kebutuhan konsumen.

C. Melakukan ekspansi

Usaha yang berhasil ditandai dengan salah atunya banyaknya cabang yang terebar di berbagai tempat, maka penting sekali anda melakukan ekspansi jika usaha anda sudah besar, jangan hanya terfokus pada satu usaha saja karena jika usaha anda bangkrut anda tidak akan memiliki usaha cadangan. Lebih baik memiliki 100 usaha kecil dari pada 1 usaha besar. Jika anda memiliki modal yang cukup anda bisa membiayai usaha anda untuk membuka usaha baru namun jika modal anda belum memadai anda bisa mengajak orang lain untuk berinvetasi. Setiap pengusaha pasti tidak akan lepas dari utang, keberanian meminjam modal atau utang merupakan salah satu faktor yang menyebabkan banyak pengusaha menjadi sukses dalam mengembangkan usahanya. Namun jika anda meminjanm uang ada baiknya anda mempertimbangkan besarnya pendapatan anda dengan setoran utang anda.

Sukses butuh kerja keras mengingat yang bekerja keras adalah manusia dan uang maka kenapa tidak uang saja yang bekerja. Lao Tsu menyampaikan kata bijak dalam filosofi tao klasik wu wei bermakna bertindak tampa bergerak, orang yang diam saja tetap bisa menghasilkan sesuatu. Jika anda mempunyai modal lebih dan ingin membuka usaha baru namun tidak ingin terjun langsung anda bisa menginvestasikan modal anda pada usaha tertentu. Sehingga uang anda akan terus berputar tampa anda harus turun langsung.

D. Pendelegasian

Seandainya usaha telah berkembang dan memiliki banyak cabang di berbagai tempat apakah mungkin anda dapat mengaturnya sendiri maka penting bagi anda untuk mendelegasikan (melimpahkan) pengawasan tersebut kepada orang lain (manajer). didalam filosofi cina dikenal dengan wo wei artinya tanpa tindakan magsudnya seseorang bisa menggapai sesuatu tampa perlu bertindak sendiri sekedar memamfaatkan sumber daya alam sekitarnya. dengan adanya pendelegasian kita memungkinkan memantau usaha anda untuk waktu-waktu tertentu saja sehingga kita bisa bersantai dan berpikir untuk mengembangkan bisnis baru.

E. Network

Sebagai manusia tentu kita tidak bisa hidup sendiri-sendiri adakalanya kita membutuhkan orang lain, untuk bisa membesarkan usaha anda, menambah jaringan atau network penting sebagai bagian untuk memasarkan produk anda. Seperti sebuah piramida semakin kebawah maka akan semakin besar, jika anda tidak bisa membuka cabang ditempat lain anda bisa mengajak orang lain untuk masuk kejaringan anda untuk memasarkan produk anda.

F. Spionase/ Spy

Dalam filosofi Sun Tzu ada sebuah ungkapan yang mengatakan “kenali musuhmu maka seribu peperangan akan kau menangkan”. Ini menjelakakan bahwa mengetahui kelemahan dan kekurangan musuh atau peaing kita itu penting. sistem spionase atau mata-mata yang biasanya digunakan dalam peperangan telah digunakan Negara cina untuk mata-mata dalam bidang ekonomi, tak ayal Negara-negara besar seperti amerika dan eropa banyak mengalami kerugian ratuan milyar dolar karena mata-mata orang cina

Penting sekali anda mengetahui kekuatan dan kelemahan musuh anda serta kekuatan dan kekurangan saingan anda. Beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengalahkan pesaing anda :

1. pahami dan ketahuilah kekuatan dan kekurangan usaha anda

2. biasakan melakukan survey ke usaha pesaing
3. lakukan inovasi produk
4. bayangkan psikologis konsumen.


Jumat, 07 Oktober 2011

Laporan keuangan


Laporan keuangan
Dalam berbisnis pasti akan ada yang namanya pemasukan dan pengeluaran, ada untung dan ada rugi, untuk tahu apakah kita untung atau rugi dan bagaimana arus pemasukan dan pengeluaran kita maka kita harus membuat sitem pembukuan atau laporan keuangan. pola uang yang masuk dan keluar disebut arus kas
laporan keuangan menunjukan hubungan antara apa yang kau miliki dan apa yang kau pinjam/ utang. laporan keuangan adalah potret kondisi keuanganmu pada suatu saat laporan ini terdiri dari 2 bagian:
1. laporan laba-rugi
2. laporan neraca
· laporan laba rugi secara sederhana menunjukan uang yang masuk dan uang yang keluar dan secara seketika memberikan gambaran uang yang tersedia ini mewakili pendapatan dan pengeluaran pada priode waktu tertentu.
· laporan neraca menunjukan hubungan antara aset dan liabilitas. pada tren suatu saat tertentu.
Tidak semua orang paham akan laporan keuangan terutama yang baru memulai usaha ini dikarenakan kita tidak pernah belajar tentang laporan keuangan, maka lebih baik anda membuat laporan keuangan yang cocok dengan anda sendiri sekalipun sederhana namun anda bisa tahu kemana uang anda pergi dan dari mana uang anda datang. Jika usaha anda sudah besar anda bisa menyerahkannya pada pegawai anda yang ahlinya dibidang laporan keuangan, sehingga anda hanya perlu memeriksa saja laporan keuangan anda
Pembagian
Dalam usaha pasti ada utung dan rugi maka jika anda untung pasti ada surplus maka sebaiknya anda tabung atau invetasi namun jika anda rugi maka anda bisa memamfaatkan tabungan anda sebagai modal tambahan. Dengan kata lain manajemen atau pembagian uang anda mutlak harus anda lakukan. salah satu sikap orang cina yang bisa kita tiru adalah menyisihkan lebih banyak uang untuk diinfetasikan. Caranya sederhana yakni mengikuti hukum:
Y=I>S>C
Artinya : Y= yield (penghasilan), C= consumption (konsumi), =saving (menabung), dan I= invetasi (berinvetasi). Rumuan ini berarti jumlah dana yang dihasilkan dari penghailan untuk keperluan invetasi tiap bulannya jauh lebih besar daripada dana keperluan tabungan maupun konsumi.
Namun bagi saya ini masih ada kekurangannya yaitu C= charity (beramal), besar kecil pendapatan anda, janganlah anda lupa untuk beramal sebagai wujud syukur anda jika digambarkan sebagai berikut.
Y=I>S>C2
Besarnya anggaran amal anda bisa anda tentukan sendiri atau bisa juga merujuk pada kewajiban zakat, kenapa alokasi amal harus ditentukan dari awal, ini dikarenakan kita lebih mudah menghabiskannya untuk sesuatu yang kadang tidak penting dari pada untuk beramal.