Kamis, 13 Oktober 2011

PENGEMBANGAN USAHA


kenali musuhmu maka seribu peperangan akan kau menangkan (Sun Tzu)


Ada dua hal dalam berbisnis yang akan terjadi yaitu usaha anda semakin besar (untung) dan usaha anda bangkrut (rugi). Salah satu hal yang memungkinkan itu bisa terjadi adalah bagaimana sitem manajemen yang anda terapkan. Bisnis ada kalanya naek turun maka sepatutnya segala sesuatu harus teratur dan terencana, semua tata cara proses harus dituangkan dalam suatu instrumen tertulis, bagaimana proses produksi harus dilakukan bagaimana mengatur cuti karyawan, bagaimana standar marketing, faktor pencegah resiko tak terduga juga dapat diperhitungkan dalam bisnis ini.

A. Menjaga kualitas


Jagalah selalu kualitas produk anda, sekalipun harga-harga merangkak naik anda jangan menggantinya dengan produk/bahan baku yang memiliki kualitas rendah karena itu bisa menurunkan kualitas produk anda sendiri, jika kualitas produk anda memuaskan menaikan harga sedikit pun tentu tidak akan masalah bagi pelanggan anda, maka anda harus membayarnya dengan meningkatkan kualitas produk atau kualitas pelayanan kepada konsumen agar mereka puas.

B. Pertahankan Pelanggan

Banyak usaha yang terus bertahan selama puluhan tahun, bukan saja karena penjualannya yang terus meningkat tapi karena adanya pelanggan yang setia menggunakan produk anda yang menjadikan usaha anda bisa bertahan. Maka penting sekali anda menjaga citra, kualitas produk dan hubungan baik anda dengan para pelanggan agar tidak pindah atau beralih menggunakan produk orang lain.

Layaknya magnet usaha anda harus bisa memberikan penawaran yang menarik agar para konsumen mau membeli atau menggunakan produk anda, penawaran yang menarik bisa meningkatkan penjualan anda maka penting sekali anda untuk menganalisa pasar untuk bisa menawarkan penawaran yang menarik, memantau tren pasar, dan perkembangan pesaing anda memungkinkan anda bisa terus selaras dengan kebutuhan konsumen.

C. Melakukan ekspansi

Usaha yang berhasil ditandai dengan salah atunya banyaknya cabang yang terebar di berbagai tempat, maka penting sekali anda melakukan ekspansi jika usaha anda sudah besar, jangan hanya terfokus pada satu usaha saja karena jika usaha anda bangkrut anda tidak akan memiliki usaha cadangan. Lebih baik memiliki 100 usaha kecil dari pada 1 usaha besar. Jika anda memiliki modal yang cukup anda bisa membiayai usaha anda untuk membuka usaha baru namun jika modal anda belum memadai anda bisa mengajak orang lain untuk berinvetasi. Setiap pengusaha pasti tidak akan lepas dari utang, keberanian meminjam modal atau utang merupakan salah satu faktor yang menyebabkan banyak pengusaha menjadi sukses dalam mengembangkan usahanya. Namun jika anda meminjanm uang ada baiknya anda mempertimbangkan besarnya pendapatan anda dengan setoran utang anda.

Sukses butuh kerja keras mengingat yang bekerja keras adalah manusia dan uang maka kenapa tidak uang saja yang bekerja. Lao Tsu menyampaikan kata bijak dalam filosofi tao klasik wu wei bermakna bertindak tampa bergerak, orang yang diam saja tetap bisa menghasilkan sesuatu. Jika anda mempunyai modal lebih dan ingin membuka usaha baru namun tidak ingin terjun langsung anda bisa menginvestasikan modal anda pada usaha tertentu. Sehingga uang anda akan terus berputar tampa anda harus turun langsung.

D. Pendelegasian

Seandainya usaha telah berkembang dan memiliki banyak cabang di berbagai tempat apakah mungkin anda dapat mengaturnya sendiri maka penting bagi anda untuk mendelegasikan (melimpahkan) pengawasan tersebut kepada orang lain (manajer). didalam filosofi cina dikenal dengan wo wei artinya tanpa tindakan magsudnya seseorang bisa menggapai sesuatu tampa perlu bertindak sendiri sekedar memamfaatkan sumber daya alam sekitarnya. dengan adanya pendelegasian kita memungkinkan memantau usaha anda untuk waktu-waktu tertentu saja sehingga kita bisa bersantai dan berpikir untuk mengembangkan bisnis baru.

E. Network

Sebagai manusia tentu kita tidak bisa hidup sendiri-sendiri adakalanya kita membutuhkan orang lain, untuk bisa membesarkan usaha anda, menambah jaringan atau network penting sebagai bagian untuk memasarkan produk anda. Seperti sebuah piramida semakin kebawah maka akan semakin besar, jika anda tidak bisa membuka cabang ditempat lain anda bisa mengajak orang lain untuk masuk kejaringan anda untuk memasarkan produk anda.

F. Spionase/ Spy

Dalam filosofi Sun Tzu ada sebuah ungkapan yang mengatakan “kenali musuhmu maka seribu peperangan akan kau menangkan”. Ini menjelakakan bahwa mengetahui kelemahan dan kekurangan musuh atau peaing kita itu penting. sistem spionase atau mata-mata yang biasanya digunakan dalam peperangan telah digunakan Negara cina untuk mata-mata dalam bidang ekonomi, tak ayal Negara-negara besar seperti amerika dan eropa banyak mengalami kerugian ratuan milyar dolar karena mata-mata orang cina

Penting sekali anda mengetahui kekuatan dan kelemahan musuh anda serta kekuatan dan kekurangan saingan anda. Beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengalahkan pesaing anda :

1. pahami dan ketahuilah kekuatan dan kekurangan usaha anda

2. biasakan melakukan survey ke usaha pesaing
3. lakukan inovasi produk
4. bayangkan psikologis konsumen.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar