Kamis, 30 Agustus 2012

JOGGING DAN JANTUNG KITA


JOGGING DAN JANTUNG KITA
Hal kecil yang berdampak besar
Jantung merupakan sumber kehidupan kita jika jantung berhenti maka kita pun berhenti untuk hidup maka jantung perlu sekali untuk di jaga. Sebuah data menunjukan bahwa dari 10 penyakit yang mematikan yaitu 1)diare, 2)anthraz, 3)Flu burung, 4) hepatitis, 5)malaria 6 ) TBC, 7) diabetes, 8)Aids, 9)kanker, 10) serangan jantung/stroke (forcester.blogspot.com).
Penyakit Jantung merupakan urutan pertama sebagai pembunuh manusia, jika anda perhatikan dari 10 penyakit yang mematikan tersebut, semuanya berasal dari factor perilaku sebagai factor resiko penyebab terjadinya atau terserangnya penyakit tersebut. Factor perilaku yang di magsud adalah kebiasaan hidup bersih dan sehat (PHBS).
Dalam kasus penyakit jantung kebiasaan kita yang tidak bersih dan sehat yang memungkinkan resiko terjadinya serangan jantung diantaranya kebiasaan merokok, makan-makanan yang berlemak, jarang berolah raga, dsb. Maka upaya yang bisa kita lakukan untuk menghindari resiko penyakit jantung adalah dengan melakukan pola hidup bersih dan sehat salah satunya dengan olahraga jogging. Berjalan kaki tergopoh-gopoh memperderas aliran darah kedalam koroner jantung, dengan demikian kecukupan oksigen otot jantung terpenuhi dan otot jantung terjaga untuk tetap bisa tetap cukup berdegup. Berjalan kaki tergopoh-gopoh itu menghasilkan tekanan darah cenderung menjadi lebih rendah, perlengketan antarsel darah yang bias berakibat gumpalan bekuan darah penyumbat pembuluh darah juga akan berkurang hal ini penting dalam mengurangi resiko penyakit jantung.
Melakukan jogging secara teratur memberikan manfaat bagus buat konsidi fisik dan kesehatan lainnya. Jogging juga memberikan kesenangan secara fisik maupun mental.
Keuntungan efek-efek dari jogging adalah (Kapanlagi.com)
  1.   Membuat jantung kuat dimana semakin memperlancar peredaran darah dan pernapasan
  2. Mempercepat sistem pencernaan
  3. Menetralkan depresi
  4. Meningkatkan kapasitas untuk bekerja dan mengarahkan pada kehidupan yang aktif
  5.    Jogging membantu membakar lemak dan kegemukan
  6. Jogging membantu menambah selera makan
  7. Mengencangkan otot kaki, paha dan punggung
  8. Membuat tidur lebih nyenyak
 Bagaimana melakukan sesi jogging
Pertama-tama anda sebaiknya bergerak dengan lambat dengan usaha kecil yang pertama dalam beberapa ratus meter untuk pemanasan otot anda. Lalu perlahan-lahan tambahkan kecepatan anda. Kalau anda sudah melakukan setengah rute, anda bias berlari lebih cepat sesuai dengan kemampuan anda. Jika rute cukup panjang, anda bias mengambil 2 atau 3 dorongandengan kapasitas hamper penuh. Untuk jarak ratus meter terakhir lambatkan gerakan lari anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar